Selain Pagi Hari, Berikut 5 Waktu Mandi Terbaik Untuk Kesehatan

Selain Pagi Hari, Berikut 5 Waktu Mandi Terbaik Untuk Kesehatan

Waktu Mandi Terbaik Untuk Kesehatan - Waktu Mandi Terbaik Untuk Kesehatan -

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Mandi adalah tindakan membersihkan tubuh dari kotoran dan zat-zat tidak diinginkan setelah beraktivitas sepanjang hari atau saat tubuh terasa lembab karena keringat. Mandi dua kali sehari sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, serta mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menempel pada kulit.

Namun, tahukah Kamu kapan waktu yang paling tepat untuk mandi? Meskipun banyak orang mandi di pagi hari sebelum beraktivitas seperti sekolah, kerja, atau kuliah, mandi pada waktu subuh memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Mandi pada pagi hari sebelum waktu subuh memberikan berbagai manfaat dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Meluangkan waktu untuk mandi di pagi hari memang cukup sulit dilakukan bagi Sebagian orang. Tapi tahukah kamu mandi pagi punya memberikan efek sejuk berkat esegaran air yang menyentuh kulit. Mandi pagi juga punya sejumlah manfaat dalam memperbaiki Kesehatan mental.

Waktu yang Tepat Untuk Mandi

Selain beberapa keutamaan serta manfaat yang didapat jika sobat Kamu mandi pada waktu subuh pada pembahasan berikutnya penting juga untuk mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk mandi selain waktu subuh dan waktu yang dilarang untuk mandi karena beberapa faktor kesehatan berikut ini:

1. Mandi di waktu Ashar (15.00)

Mandi di waktu Ashar atau sekitar pukul 15.00. WIB bikin badan lebih segar. Selain itu, mandi saat Ashar juga dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

2. Manfaat Mandi di Sepertiga Malam Terakhir

Mandi di sepertiga malam terakhir sebelum memulai rangkaian Qiyamullail (shalat malam). Dari segi kesehatan, ia memiliki manfaat yang sangat besar. Mandi yang biasa kita lakukan di pagi hari ternyata berpengaruh signifikan untuk memulai aktivitas setelah tubuh lelah setelah berjam-jam tidur malam.

3.   Setelah Zuhur

Tubuh berkeringat setelah puas beraktifitas, kamu bisa menyegarkan tubuh dengan mandi Jam 13.00 adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk mandi karena matahari sudah tidak berada di atas kepala. Tapi sebelum mandi pastikan tubuhmu kering terlebih dahulu untuk menghindari penyakit.

Namun jika kamu ingin mandi di waktu sore, kamu bisa mandi sebelum ashar Karena di waktu tersebut bukan hanya memberikan efek segar pada tubug tapi bisa meningkatkan imunitas tubuh agar terhindari dari penyakit

Tentu saja rasa kantuk tidak bisa dihilangkan hanya dengan membasuh muka atau membasuh diri. Badan terasa segar dan bersemangat untuk beraktivitas setelah siraman air dingin yang menyegarkan.

Tiga Waktu Mandi yang Dilarang

1. Jangan mandi 30 menit setelah shalat Ashar

Waktu mandi yang dilarang oleh islam yang pertama adalah waktu saat 30 menit setelah shalat ashar, Kenapa demikian? Mandi di 30 menit setelah Ashar tidak memberikan efek kesegaran, tapi justru membuat tubh terasa makin Lelah. Hal ini bisa terjadi karena di waktu setelah ashar darah yang mengalir di tubuh Tengah oanas oanasnya. Jika kita mandi di waktu tersebut maka tubuh bisa menjadi lemah dan justru tidak bersemangat

2. Jangan mandi setelah Maghrib

Maghrib antara jam 6 sore sampai jam 7 malam juga dilarang karena kondisi jantung kita sangat lemah saat itu. Bukan hanya melemahkan fungsi jantung, mandi setelah magrib juga bisa meningkatkan munculnya gangguan pada pernapasan seperti paru paru basah misalnya.

3. Jangan mandi setelah waktu Isya sebelum pukul 00:00

Setelah Isya, ada saatnya hati kita harus istirahat. Saat ini, mandi akan menyebabkan kerusakan jantung permanen jika dilakukan terus menerus. Selain itu, mandi setelah Isya juga bisa menyebabkan penyakit rematik. Jika Kamu tidak memiliki waktu yang tepat untuk mandi, sebaiknya mandi pada saat waktu yang dianjurkan agar dapat memberi manfaat bagi tubuh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: