Tidak Menyusahkan, Intip 7 Tips Melatih Vokal Suara Tetap Jernih

Tidak Menyusahkan, Intip 7 Tips Melatih Vokal Suara Tetap Jernih

Tidak Menyusahkan, Intip 7 Tips Melatih Vokal Suara Tetap Jernih--ULTIMAGZ

 

Bagi kalian yang menyukai dan terjun dibidang suara atau vokal, tentu suara menjadi hal yang sangat penting untuk dirawat. Banyak sekali teknik yang dapat mengolah suara menjadi bagus.

Sebagai seorang penyanyi, tentu modal uyama yang disuguhkan kepada penonton adalah suara kita yang merdu dan bagus. Tidak lucu rasanya jika profesi sebagai penyanyi namun tidak memiliki kemampuan dalam bidang tersebut.

Tentu, berikut beberapa tips untuk melatih vokal suara:

1. Latihan Pernafasan
Latihan pernapasan yang dalam dan terkontrol membantu kalian mendapatkan kontrol yang lebih baik atas suara kalian. Cobalah latihan pernapasan seperti teknik "pernapasan diafragma" untuk meningkatkan kapasitas paru-paru kalian.

Selain itu, kalian juga dapat mencontoh beberapa latihan pernafasan yang sering dilakukan oleh Idol Kpop. Mereka akan melatih kekuatan pernafasannya dengan lari sambil menyanyi ataupun sambil mengangkat beban. Hal tersebut bertujuan untuk memperkuat otot diafragma.

2. Vokal Warm-Up
Sebelum menyanyi atau berbicara secara intens, lakukan pemanasan vokal ringan untuk menghangatkan dan mempersiapkan otot-otot vokal kalian. Ini dapat berupa gerakan mulut, menggumam, atau mengucapkan skala vokal sederhana. Caranya, katupkan bibir kalian kemudian getarkan terus menerus sampai terasa sedikit kebal. Hal tersebut bertujuan supaya ketika bernyanyi nanti kalian tidak akan belibet.

Baca juga: 5 Daftar Negara Paling Miskin di Dunia

3. Latihan Vokal Rutin
Tentukan rutinitas latihan vokal yang konsisten, termasuk latihan untuk meningkatkan rentang vokal, kontrol nada, dan kejernihan suara. Kalian dapat menjadwalkannya untuk latihan menjadi lebih disiplin dan teratur. Kalian dapat berlatih selama tiga kali dalam seminggu atau disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

4. Pelajari Teknik Bernyanyi yang Baik
Jika kalian tertarik dalam menyanyi, pertimbangkan untuk mengambil pelajaran vokal dari seorang instruktur yang berkualitas. Mereka dapat membantu kalian dalam memahami teknik-teknik yang benar, posisi tubuh yang baik, dan cara mengatasi masalah vokal tertentu.

5. Istirahat dan Hidrasi
Pastikan untuk memberikan istirahat yang cukup bagi suara kalian dan minum air dalam jumlah yang cukup untuk menjaga hidrasi tubuh kalian. Hindari minuman berkafein dan alkohol yang dapat mengeringkan tenggorokan. Selain itu, hindari juga gorengan karena akan membuat tenggorokan menjadi berdahak yang berakibat kepada suara yang tidak jernih.

6. Rekam dan Evaluasi
Tentu, untuk mendapatkan hasil yang sempurna dibutuhkan latihan serta kerja keras. Rekam latihan vokal kalian secara teratur dan dengarkan kembali rekaman tersebut. Ini dapat membantu kalian dalam memperhatikan area-area di mana kalian dapat meningkatkan teknik vokal yang kalian miliki.

7. Jaga Kesehatan Tubuh secara Keseluruhan
Kesehatan tubuh secara keseluruhan juga memengaruhi kualitas suara kalian lho. Pastikan kalian memiliki pola makan yang sehat, tidur yang cukup, serta hindari kebiasaan merokok.

Dengan konsistensi, latihan, dan perawatan yang tepat, kalian dapat meningkatkan kemampuan vokal kalian secara signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: latihan vokal