Buat Rumah Lebih Nyaman, Catat 6 Tanaman Bunga yang Bisa Jadi Pengharum Ruangan Alami!

Buat Rumah Lebih Nyaman, Catat 6 Tanaman Bunga yang Bisa Jadi Pengharum Ruangan Alami!

Tanaman Bunga yang Bisa Jadi Pengharum Ruangan-(Pixabay/guvo59)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tanaman yang ditempatkan di dalam ruangan biasanya dipakai sebagai hiasan dekoratif. Namun, menurut penelitian National Aeronautics and Space Administration (NASA), Tanaman-Tanaman tersebut ternyata memiliki manfaat lain, yakni mampu menyerap gas dan bahan kimia beracun yang membahayakan serta dapat mengganggu pernapasan.

 

Hanya dalam waktu 24 jam, beberapa jenis tanaman bisa menghilangkan 83 persen zat beracun di udara. Selain itu, tanaman-tanaman tersebut juga bisa mengeluarkan aroma segar yang dapat berfungsi sebagai pengharum ruangan alami.

 

Berikut daftar jenis tanaman yang bisa jadi pengharum ruangan alami untuk menyegarkan pernapasan keluargamu di rumah.

 

Tanaman yang Bisa Dijadikan Pengharum Ruangan

 

1.  Bunga Sedap Malam

 

Bunga yangs ering kita temukan ini hanya tumbuh di Asia Tenggara dan menghasilkan aroma yang segar. Tidak hanya sebagai pengharum ruangan, Bunga sedap malam juga dapat digunakan untuk mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, serta memberikan semangat tinggi. Oleh karena itu, Bunga sedap malam juga cocok digunakan sebagai pengharum ruangan di kamar suami istri.

 

2. Lavender

 

Tanaman kecil berwarna ungu ini memiliki aroma khas. Selain harum, lavender sering digunakan sebagai penenang karena mengandung senyawa linalool yang dapat mengurangi kecemasan lho!

Selain berfungsi sebagai pengharum ruangan, keberadaan lavender juga bisa mengusir nyamuk. Jadi, kamu tidak hanya mendapatkan ruangan yang harum, namun juga nyaman karena tidak ada nyamuk.

 

3. Kamboja

 

Bunga dengan aroma khas ini sudah lama digunakan sebagai pengharum dan tanaman dekoratif untuk mempercantik ruangan. Pastikan tanaman ini mendapat banyak cahaya ketika diletakkan di dalam ruangan agar dapat tumbuh dengan baik.

 

4. Bunga Hoya

 

Bunga hoya yang berwarna merah jambu hingga merah memiliki aroma lembut yang tidak akan menyengat. Tanaman panjat ini dapat tumbuh subur di dalam ruangan dengan paparan cahaya yang memadai dan sedikit kehangatan. Satu-satunya kekurangan adalah kepala bunga menghasilkan banyak nektar yang bisa jatuh dan membuat lantai atau furniturmu lengket, jadi pastikan lantaimu terlindungi.

 

5. Gardenia

 

Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai kacapiring. Bunga yang menyerupai bunga melati ini juga berwarna putih. Aroma gardenia sangat wangi dan cocok untuk digunakan sebagai pengharum ruangan. Kamu bisa merangkai atau mencangkok tanaman gardenia untuk ditanam atau dipajang di ruangan yang kamu inginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: