Distan Karawang Kembangkan Pertanian Berbasis Lingkungan Organik, Ini Programnya

Distan Karawang Kembangkan Pertanian Berbasis Lingkungan Organik, Ini Programnya

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Dinas Pertanian Kabupaten Karawang mendorong para petani untuk melakukan kegiatan pertanian ramah lingkungan berbasis organik sebagai usaha dalam meningkatkan hasil pertanian.  

Ketua Tim Informasi dan Teknologi pada Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Adhari, menyampaikan, pihaknya akan membuka program sekolah lapang untuk memberikan pelatihan kepada para petani pada Juni 2024.

"Program sekolah lapang ini dalam rangka mendukung kegiatan pertanian ramah lingkungan berbasis organik. Jadi nanti para petani akan diberikan pelatihan secara langsung di lapangan," jelas Adhari, Kamis, 25/4/2024.

BACA JUGA:5 Cara Mengatur Youtube untuk Anak agar Aman dan Ramah Anak

Ia mengatakan, pelaksanaan program sekolah lapang ini akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, akan diikuti sebanyak 150 petani yang berada di wilayah Kecamatan Lemahabang.

Adhari memaparkan, pihaknya akan memprioritaskan petani yang sudah siap lahannya dijadikan sebagai sampel percobaan dan juga atas persetujuan dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian (WKPP).

Sampel lahan itu, kata dia, nantinya akan di cek apa saja kandungan didalamnya, seperti kandungan air maupun kandungan yang lain. 

BACA JUGA:Mengenal Tipe Kepribadian ISFP si Introvert yang Kreatif

"Jadi, nanti akan dilakukan berbarengan antara pengecekan sample lahan sekaligus program sekolah lapang. Jadi para petani bisa belajar dan memahami langsung selama proses pengecekan lahannya," kata Adhari.

Ia menerangkan, proses pengecekan sample lahan sangat perlu dilakukan untuk dapat mengetahui kandungan lahan tersebut. Sehingga para petani bisa mengetahui potensi dan melakukan kegiatan pertanian yang tepat.

"Untuk menerapkan kegiatan pertanian ramah lingkungan berbasis organik itu kan harus melalui beberapa proses, dari mulai olah tanah sampai panen. Maka proses pengecekan kandungan lahan ini sangat penting, karena kondisi lahan sangat menentukan," ucap Adhari.

BACA JUGA:Tips Mengenalkan Gadget pada Anak agar Tidak Kecanduan

Selain itu, kata dia, dalam kegiatan pertanian ramah lingkungan berbasis organik, para petani wajib menggunakan pupuk organik untuk memperbaiki atau meningkatkan kesuburan tanah.

"Para petani harus pakai pupuk organik pada proses pemupukannya, jangan pakai pupuk berbahan kimia lagi. Dengan pakai pupuk organik, hasilnya akan lebih bagus, dan jenisnya juga banyak," ungkap Adhari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: