Tak Perlu Panik, Begini Cara Mengatasi Bayi Muntah Karena GERD

Tak Perlu Panik, Begini Cara Mengatasi Bayi Muntah Karena GERD

Cara Mengatasi Bayi Muntah Karen GERD-(Pixabay/PublicDomainPictures)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Bayi yang muntah setelah minum ASI merupakan hal yang wajar. Ini karena proses pencernaan Bayi belum terbentuk sempurna.

Namun, pada beberapa kasus, bayi yang muntah setelah minum ASI bisa jadi karena bayi mengalami Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD.

Lalu bagaimana cara mengatasi bayi muntah karena GERD? Simak caranya berikut ini!

Gejala GERD pada Bayi

Bayi yang mengalami muntah setelah menyusu ASI akibat GERD biasanya menunjukkan beberapa gejala berikut:

 

1. Menunjukkan ketidaknyamanan dan rasa sakit akibat refluks.

 

2. Mengalami masalah pernapasan seperti mengi, batuk, dan tersedak ketika menyusu, bahkan dapat mengakibatkan pneumonia karena ASI masuk ke paru-paru.

 

3. Terkadang mengalami pertumbuhan yang terhambat, karena muntah dapat menghambat asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya.

 

Jika Moms memiliki kecurigaan bahwa muntah setelah menyusu bayi disebabkan oleh GERD, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Hal ini penting agar bayi dapat dievaluasi lebih lanjut dan Moms mendapatkan saran perawatan yang sesuai.

 

Cara menangani bayi muntah karena GERD

 

Menangani bayi yang muntah setelah minum ASI akibat GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) memerlukan perhatian khusus. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan:

 

Posisi Tidur yang Miring

 

Setelah menyusu, cobalah untuk menempatkan bayi pada posisi tidur yang miring. Hal ini dapat membantu mengurangi kemungkinan muntah karena gravitasi membantu cairan lambung untuk kembali ke dalam lambung.

 

Pemberian Makan dengan Frekuensi Lebih Kecil

 

Berikan ASI dengan porsi yang lebih kecil tetapi dengan frekuensi lebih sering. Ini dapat membantu mengurangi tekanan pada lambung dan menghindari kelebihan cairan yang menyebabkan muntah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: