Lakukan Pijatan di Titik Ini untuk Mengobati Sakit Gigi!

Lakukan Pijatan di Titik Ini untuk Mengobati Sakit Gigi!

Ilustrasi Sakit Gigi-(Pixabay)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Rasa nyeri yang tak tertahankan sering kali dirasakan saat mengalami sakit gigi. Selain menggunakan obat-obatan alami dan medis, pengobatan alternatif seperti pijat akupresur disebut-sebut dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi.

 

 

Akupresur merupakan sebuah praktik pijat tradisional Tiongkok yang melibatkan pemberian tekanan pada titik-titik tertentu di tubuh menggunakan jari atau alat bantu lainnya. Tekanan yang diberikan ini dapat memberikan sinyal pada tubuh untuk meredakan ketegangan, memperbaiki aliran darah, dan mengurangi sensasi nyeri.

 

Sebuah peninjauan yang dilakukan pada tahun 2017 dan dilaporkan oleh Medical News Today mencatat bahwa akupunktur dan akupresur dapat menjadi metode alternatif dalam mengobati sakit gigi. Meskipun tidak mengatasi akar penyebabnya, metode ini diyakini dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

 

Titik Pijat untuk Obati Sakit Gigi

 

1. Pada titik pijat SI18, letaknya terletak di bagian bawah tulang pipi.

 

Untuk menemukan titik ini, bisa dilakukan dengan mengestimasi garis lurus dari sudut luar mata ke bagian luar hidung.

 

Tekanan yang diberikan pada titik ini dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi, pembengkakan gusi, serta masalah gigi lainnya. Selain itu, juga dapat membantu mengurangi hidung tersumbat.

 

2. Titik pijat GB21 terletak di bagian atas bahu, di antara leher dan ujung bahu.

 

Tekanan akupresur pada titik ini dapat membantu mengurangi nyeri pada gigi dan rahang, meredakan nyeri wajah, leher, serta sakit kepala. Namun, disarankan agar ibu hamil berhati-hati saat melakukan pijatan pada titik ini, menurut Pusat Pengobatan Timur-Barat UCLA (CEWM).

 

3. Lokasi titik pijat LI4 berada di punggung tangan, di antara ibu jari dan jari telunjuk.

 

Pemberian tekanan pada titik ini dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi, sakit kepala, nyeri wajah, dan leher. Selain itu, pijatan lembut pada titik LI4 juga dapat mengurangi peradangan. Namun, CEWM menyarankan agar wanita hamil tidak menggunakan titik ini selama kehamilan karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa tekanan pada titik LI4 dapat memicu persalinan.

 

4. Titik pijat ST6 terletak di tengah-tengah antara sudut mulut dan dasar daun telinga. Untuk menemukan titik ini, dapat dirasakan otot yang melentur di pipi dengan mengatupkan rahang.

 

Pemberian tekanan pada titik ST6 dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi dan pembengkakan, serta mengurangi nyeri atau kejang pada rahang.

 

5. Lokasi titik pijat ST36 terletak di bawah lutut. Untuk menemukan titik ini, bisa diletakkan telapak tangan di atas tempurung lutut, dan jari kelingking menkamui lokasi titik ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: