Tips & Trick Merawat Hamster Lewat Pola Makan dan Gerak

Tips & Trick Merawat Hamster Lewat Pola Makan dan Gerak

Rekomendasi Makanan Hamster Alami dan Buatan-Rekomendasi Makanan Hamster Alami dan Buatan-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Hamster hewan menjadi favorit di antara para pecinta hewan karena bulunya yang halus dan tingkah laku yang menggemaskan. Ketika merawat hamster peliharaan, penting untuk memberikan makanan berkualitas yang umumnya dapat ditemukan di toko hewan. 

Pemilik hamster sering kali memilih makanan alami sebagai prioritas utama untuk hewan kesayangan mereka. Menjaga hamster setiap hari merupakan cara untuk membentuk ikatan yang erat dengan hewan peliharaan.

Bagi mereka yang mempertimbangkan untuk memelihara hewan di rumah, hamster bisa menjadi pilihan yang menarik. Hamster termasuk dalam keluarga pengerat dari subfamili Cricetinae.

Dengan merawat hamster dengan baik, mereka dapat hidup hingga 2-3 tahun. Apakah Kamu tertarik untuk mencoba?

Merawat Hamster Lewat Pola Makan dan Gerak

Untuk memulai perjalanan sebagai pemilik hamster, penting untuk memiliki pengetahuan yang memadai tentang cara merawat mereka dan memberi makan dengan benar. Artikel ini dapat menjadi sumber informasi yang berguna bagi mereka yang baru dalam memelihara hamster. Jadi, jangan lewatkan!

1. Pastikan Hamster Makan dengan Baik

Menjaga apa yang dimakan hamster sama pentingnya dengan memberi mereka porsi yang tepat. Hamster biasanya akan memilih makanan favorit mereka terlebih dahulu dari dalam mangkuknya.

 Penting bagi kamu untuk memberikan makanan yang seimbang, meskipun mereka mungkin lebih menyukai biji bunga matahari. Seperti halnya anak-anak yang menyukai kue, hamster juga memerlukan variasi dalam diet mereka, termasuk buah dan sayuran segar yang merupakan makanan terbaik untuk mereka.

Kamu bisa memberi mereka wortel, labu, brokoli, dan berbagai jenis sayuran hijau lainnya, serta buah-buahan seperti apel, pir, dan pisang. Namun, beberapa buah tertentu, seperti jeruk, limau, atau lemon, sebaiknya dihindari. Penting juga untuk memberikan makanan tambahan seperti roti gandum, sereal, dan protein untuk memastikan diet mereka seimbang.

2. Aktivitas Fisik Rutin

Seperti halnya hewan peliharaan lainnya, hamster juga membutuhkan latihan fisik yang teratur. Tanpa aktivitas fisik yang cukup, mereka dapat mengalami masalah pencernaan, kegemukan, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Jangan biarkan dia asik makan dan tidur tanpa beraktifitas lain. Pastikan hamster kamu memiliki akses ke berbagai mainan, seperti roda lari atau benda-benda untuk memanjat. Hal ini penting karena hamster secara alami aktif dan suka bergerak. Mengapa mereka begitu menyukai roda lari? Karena dalam habitat aslinya, hamster telah diadaptasi untuk berlari.

Di alam liar, hamster sering kali harus berlari jarak jauh untuk mencari makanan, bisa mencapai hingga 8 kilometer setiap hari. Selain mencari makanan, berlari juga membantu menjaga tubuh mereka tetap hangat. Jika kandang hamster kamu terbatas ukurannya, memberikan roda hamster bisa menjadi solusi untuk memberikan mereka aktivitas fisik yang cukup.

3. Manfaatkan Botol Air khusus untuk Hamster

Menggunakan botol air khusus adalah pilihan yang lebih disarankan daripada menyediakan mangkuk air untuk hamster. Botol air khusus memastikan bahwa air minum hamster tidak akan tumpah dan tidak mudah terkontaminasi dengan kotoran. Hal ini membuat penggunaan botol air terlihat lebih steril dan higienis.

Di sisi lain, mangkuk air rentan tumpah dan dapat mengotori tubuh atau alas kandang hamster. Untuk menjaga kebutuhan cairan hamster, perhitungkan bahwa hamster membutuhkan sekitar 10 ml air per 100 gram berat badannya setiap hari. Jadi, jika hamster kamu memiliki berat sekitar 200 gram, ia membutuhkan sekitar 20 ml air setiap harinya.

4. Kenali Tanda-tanda Kesehatan Hamster

Sebagai pemilik hamster, penting untuk peka terhadap tanda-tanda kesehatan yang mungkin ditunjukkan oleh hewan peliharaanmu. Jika kamu menyentuh hidung hamster dan merasakan dingin, itu bisa menjadi indikasi bahwa hamster sedang sakit. Perhatikan juga tanda-tanda lain seperti adanya kotoran di sekitar mata atau ekor yang basah, karena ini bisa menandakan adanya infeksi.

Perubahan perilaku juga perlu diperhatikan, seperti jika hamster yang biasanya aktif tiba-tiba menjadi murung dan menolak makan. Jika kamu melihat gejala-gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

5. Makanan Ideal untuk Hamster

Hamster adalah hewan omnivora, yang berarti mereka memakan campuran tanaman dan serangga di alam liar. Makanan terbaik untuk hamster adalah makanan yang mirip dengan diet alami mereka, termasuk sayuran segar dan makanan yang mengandung protein. Dalam panduan merawat hamster sebelumnya, sudah dijelaskan tentang jenis makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan kepada hamster. Namun, dalam bagian ini akan dibahas lebih detail mengenai makanan yang ideal untuk hamstermu. Jadi, simak dengan baik ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: