Tak Perlu Diragukan Lagi, Manfaat Kunyit dalam Penyembuhan Gastritis

Tak Perlu Diragukan Lagi, Manfaat Kunyit dalam Penyembuhan Gastritis

Manfaat Kunyit dalam Penyembuhan Gastritis-(Pixabay/Andrea)-

KARAWNGBEKASI.DISWAY.ID - Kunyit (Curcuma longa) memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan lambung. Salah satunya manfaat Kunyit unruk penyembuhan gastritis.

 

Fungsi utama kunyit adalah sebagai antiinflamasi alami. Senyawa aktif yang terdapat dalam kunyit, yang biasa kota sebut dengan kurkumin, memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Ini dapat membantu meredakan peradangan dalam sistem pencernaan, termasuk peradangan yang terjadi di dalam lambung.

 

Lalu, apa manfaat kunyit dalam penyembuhan gastritis?

 

Manfaat kunyit untuk penyembuhan Gastritis

 

Kunyit dapat memberikan beberapa manfaat untuk penyembuhan gastritis, meskipun penting untuk diingat bahwa kunyit tidak dapat menyembuhkan gastritis secara langsung. Berikut adalah beberapa manfaat kunyit yang dapat membantu dalam pengobatan dan penyembuhan gastritis:

 

Mempunyai sifat antiinflamasi       

 

Komponen aktif dalam kunyit, seperti kurkumin, memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Ini dapat membantu mengurangi peradangan pada dinding lambung yang terjadi selama gastritis.

 

Memberikan perlindungan seluler       

 

Kurkumin dalam kunyit juga memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu melindungi sel-sel lambung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif. Dengan melindungi sel-sel lambung, kunyit dapat membantu dalam proses penyembuhan gastritis.

 

Meningkatkan produksi lendir

 

Kunyit diketahui dapat meningkatkan produksi lendir lambung. Lendir adalah lapisan pelindung di dalam lambung yang membantu melindungi dinding dari iritasi dan kerusakan lebih lanjut. Dengan meningkatkan produksi lendir, kunyit dapat membantu melindungi dinding lambung yang terkena gastritis.

 

Merangsang penyembuhan luka

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa kurkumin dalam kunyit dapat merangsang penyembuhan luka. Dalam kasus gastritis, ini dapat membantu dalam proses penyembuhan luka pada dinding lambung.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: