Catat! Ini Rumus Excel yang Sering Digunakan

Catat! Ini Rumus Excel yang Sering Digunakan

--

Rumus Excel VLOOKUP memang tergolong kompleks dan memerlukan pemahaman yang baik. Namun, jika tujuan dan penggunaannya dipahami dengan baik, penggunaan rumus ini dapat membuat pekerjaan lebih efisien dan ringkas. VLOOKUP digunakan untuk mencari data secara vertikal dalam suatu tabel. Berikut adalah format rumusnya:

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Penjelasan:

- Lookup_value: Merupakan nilai atau sel yang ingin dicari.

- Table_array: Menunjukkan sel atau tabel yang dijadikan referensi pencarian.

- Col_Index_num: Menunjukkan nomor kolom yang akan diambil nilainya.

- Range_Lookup: Dapat dikosongkan atau diisi dengan "True" untuk tabel yang terurut, diartikan sebagai mencari nilai yang sama atau kurang dari. Juga dapat diisi dengan "False" untuk tabel yang tidak harus terurut dan diartikan sebagai pencarian nilai yang sama persis.

HLOOKUP

Mirip dengan VLOOKUP, rumus Excel HLOOKUP juga digunakan untuk pencarian data, tetapi fokusnya adalah pada data-data horizontal atau mendatar. Rumus yang digunakan adalah:

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

CHOOSE

Rumus Excel CHOOSE digunakan untuk memilih dan menampilkan nilai dari suatu list nilai. Rumus ini memungkinkan pemilihan satu nilai dari 1 hingga 254 sesuai dengan nomor indeks.

Contoh penggunaannya adalah jika nomor indeks 1 - 7 mewakili nama hari dalam seminggu, rumus ini dapat menampilkan nama salah satu hari berdasarkan nomor indeks tersebut. Format rumusnya adalah:

=CHOOSE(index_num,value1,[value 2],.....)

PRODUCT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: