Apakah Aman Memberikan Daun Catnip Dikonsumsi Oleh Kucing?

Apakah Aman Memberikan Daun Catnip Dikonsumsi Oleh Kucing?

catnip dan kucing-catnip dan kucing-tiktok

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Catnip, merupakan jenis tanaman daun mint yang memiliki kemampuan meredakan batuk dan dapat diolah menjadi teh atau semprotan serangga. Apa hubungannya dengan kucing? Kucing memiliki organ pendeteksi aroma yang disebut kelenjar vomeronasal di langit-langit mulut.

Organ ini memungkinkan aroma yang terkumpul di hidung dan mulut kucing untuk diantarkan ke otak. Minyak yang disebut nepetalakton, yang terdapat dalam daun tanaman catnip, memiliki kemampuan menyebabkan perubahan perilaku pada kucing. Apakah aman memberikan Catnip kepada kucing? Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca selengkapnya di artikel ini!

Catnip Memicu Berahi pada Kucing

Tanaman ini meniru hormon seks kucing, sehingga kucing yang terpapar zat ini akan menunjukkan perilaku yang mirip dengan kucing betina saat sedang berahi, dan efek ini dapat dialami oleh kucing jantan maupun betina. Perilaku ini mencakup tanda-tanda kasih sayang, relaksasi, dan kebahagiaan. Beberapa kucing mungkin menunjukkan perilaku aktif, seperti bermain atau bahkan agresif. Bagi kucing yang memiliki pengalaman positif dengan catnip, zat ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan bahkan meredakan rasa sakit.

Beberapa dokter hewan merekomendasikan penggunaan catnip untuk membantu mengatasi kecemasan, terutama saat kucing akan ditinggalkan sendirian di rumah untuk waktu yang lamakarena dirasa aman. Namun, tidak semua kucing merespons senyawa aktif dalam catnip, dan respons kucing terhadap catnip dapat dipengaruhi oleh faktor genetik.

Efek catnip dapat bervariasi dalam durasinya

tergantung pada kucingnya. Secara umum, perilaku mencium catnip biasanya berlangsung sekitar 10 menit, setelah itu perlahan-lahan menghilang. Kucing memerlukan sekitar 30 menit paparan tanpa catnip agar dapat kembali merespons. Efek catnip dapat mereda seiring waktu, sehingga disarankan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya.

Apakah catnip berbahaya jika diknsumsi anak kucing

Catnip tidak dianggap berbahaya bagi anak kucing, tetapi kebanyakan kucing tidak akan bereaksi terhadap catnip hingga mencapai usia 6 bulan hingga 1 tahun. Beberapa kucing mungkin menjadi pembicara, tergantung pada kepekaan individu yang mungkin meningkat karena pelatihan atau kondisi tertentu. Selain dicium, kucing juga bisa menelan catnip, yang dapat membantu kerja saluran pencernaannya.

Bahaya Mengkonsumsi Daun Catnip dalam Ukuran Besar

Meskipun catnip aman, penting untuk mencegah kucing mengonsumsi catnip dalam jumlah besar, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Terlalu banyak paparan catnip juga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kucing, seperti muntah, diare, pusing, atau kesulitan berjalan. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan catnip dengan hati-hati dan selalu berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai penggunaan yang tepat.

Uumnya, catnip segar memiliki bau yang lebih kuat daripada catnip yang dikeringkan. Jadi, kamu tidak perlu memberikannya terlalu banyak. Dianjurkan juga untuk menghindari minyak catnip yang sangat pekat, karena potensinya yang bisa memberikan dampak berlebihan pada kucing.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: