6 Fakta Menarik Daun Catnip, Tanaman yang bisa bikin Kucing Mabuk

6 Fakta Menarik Daun Catnip, Tanaman yang bisa bikin Kucing Mabuk

6 Fakta Menarik Daun Catnip, Tanaman yang bisa bikin Kucing Mabuk-6 Fakta Menarik Daun Catnip, Tanaman yang bisa bikin Kucing Mabuk-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Tanaman catnip, atau Nepeta cataria, merupakan spesies yang termasuk dalam genus nepeta dan masih berada dalam keluarga Lamiaceae. Tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan di wilayah Eropa Timur, Asia Tengah, serta beberapa daerah di China dan Indonesia. Umumnya, catnip digunakan untuk menenangkan kucing karena dapat menyebabkan efek halusinasi, membuat kucing terlihat "mabuk", bahkan menunjukkan perilaku yang disebut 'giting'.

 

Saat kucing mengonsumsi akar tanaman ini, mereka akan menunjukkan perilaku yang tidak biasa, seperti mengendus, menjilat, menggesek-gesekan tubuh, bahkan menjadi lebih aktif. Meskipun demikian, catnip tidak dianggap berbahaya bagi kucing. Selain sebagai obat penenang alami untuk kucing, tanaman catnip juga memiliki sejumlah fakta menarik lainnya.

 

Melansir dari Treehugger, Sabtu (19/06/2021), berikut ini fakta unik tanaman catnip.

 

1. Catnip termasuk dalam keluarga mint

 

Catnip adalah tanaman abadi yang dapat tumbuh subur di hampir seluruh negara Amerika Serikat. Tanaman ini memiliki bunga kecil berwarna putih dan ungu, dengan daun bergerigi membentuk hati dan memiliki aroma seperti mint.

 

2. Tanaman ini memiliki tinggi maksimal sekitar 1 meter

 

Catnip hanya tumbuh di musin semi, Selama musim dingin, catnip akan mati dan kemudian tumbuh kembali ketika musim semi.

 

3. Perawatannya sangat mudah

 

Tanaman catnip tidak memerlukan perawatan khusus dan dapat tumbuh dengan baik di lokasi yang mendapat sinar matahari. Namun, penting untuk memberikan ruang yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: