Gempa M 6,5 Garut, Sejumlah Rumah-Sekolah di KBB dan Cimahi Rusak

Gempa M 6,5 Garut, Sejumlah Rumah-Sekolah di KBB dan Cimahi Rusak

Gempa M 6,5 Garut, Sejumlah Rumah-Sekolah di KBB dan Cimahi Rusak--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kerugian materil yang diakibatkan oleh gempa berkekuatan magnitudo 6,5 yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (27/4) membuat sejumlah bangunan di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami kerusakan

Ada sekolah dan rumah yang rusak akibat bencana tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi Fitriandy Kurniawan mengatakan di Kota Cimahi ada sebuah ruangan kelas di SMPN 11 yang mengalami kerusakan ringan pada bagian plafon yang rusak saat gempa tersebut mengguncang.

"Jadi sepertiga plafonnya itu jatuh pas gempa terjadi. Rusak ringan aja. Kemudian ada atap rumah di RW 11 Kelurahan Cibabat menimpa plafon sehingga rusak," kata Fitriandy saat dikonfirmasi, Minggu (28/4/2024).

BACA JUGA:Inilah Alasan Kadishub Kabupaten Bekasi Yana Suyatna Daftar Bakal Calon Bupati Karawang

BPBD minta warga waspada

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa waspada dan siaga. Serta, menerapkan program Siaga Evakuasi Mandiri (Sieman). Sebab, hal itu penting guna memastikan konstruksi bangunan atau rumah masing-masing tetap aman.

"Tak lupa juga masyarakat harus melakukan upaya mitigasi di masing-masing keluarga, sehingga memahami jalur evakuasi dan titik kumpul bagi keluarganya yang dirasa aman diseputaran rumah masing-masing," kata dia.

Selain itu, masyarakat harus tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan menyusul terjadinya gempa bumi pada hari ini. Termasuk, mencari informasi terpercaya, seperti dari BMKG atau OPD terkait.

"Ini penting agar masyarakat tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak benar atau hoaks," ujarnya.

BACA JUGA:Suasana 5.000 Peserta MTQ Jawa Barat Meriahkan Pawai Ta'aruf

Rumah di Cisarua rusak berat

Sementara di Kampung Pari RT 05/06, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat mengalami kerusakan yang cukup parah akibat gempat yang berpusat di Garut itu. Guncangan gempa terasa hingga di Bandung Barat.

“Betul, satu rumah milik warga hancur setelah diguncang gempa,” kata Ketua RW 06, Nina saat dihubungi.Nina menjelaskan, rumah yang roboh itu diketahui milik Agus (40) itu tiba-tiba ambruk usai diguncang gempa. Selain itu, beberapa dinding bagian depan serta kamar mandi juga ikut hancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: