Pengertian Umroh Syarat, Rukun, Keutamaan hingga Tata Caranya

Pengertian Umroh Syarat, Rukun, Keutamaan hingga Tata Caranya

ilustrasi gambar, Mengenal Ihram dalam Ibadah Umrah dan Haji--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Umrah merupakan salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Hampir mirip dengan ibadah haji.

Umroh sendiri menurut bahasa artinya adalah ziarah atau mengunjungi suatu tempat. Sedangkan umroh dalam istilah fiqih berarti melakukan serangkaian kegiatan yakni tawaf (mengelilingi Ka'bah tujuh kali), sai (lari pendek) antara dua bukit Shafa dan Marwah, kemudian diakhiri dengan tahalul (memotong sebagian rambut kepala).

Sebelum membahas mengenai keutamaan umroh, pahami terlebih dahulu macam-macamnya agar tidak keliru. Yuk, simak selengkapnya!

BACA JUGA:Jamaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Jakarta Telah Tiba di Bandara Amir Mohammad bin Abdulazis Madinah

Macam-Macam Ibadah Umroh

Selain mengetahui tentang pengertian umroh, tidak ada salahnya Anda juga mengenal macam-macam jenis ibadah umroh. Secara pemahamannya, ibadah umroh dibagi menjadi dua yakni sebagai berikut.

1.   Umroh Mufradah

Umroh Mufradah adalah ibadah umroh yang pelaksanaannya tidak terkait dengan rangkaian haji, atau disebut juga umroh terpisah. Untuk umroh jenis ini, waktu ibadahnya tidak tetap dan bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Bahkan, umroh ini juga bisa dilakukan di bulan haji. Namun pelaksanaannya tidak terkait dengan rangkaian ibadah haji.

Umumnya yang melakukan umroh ini adalah jamaah yang memang hanya ingin menunaikan umroh. Biasanya, jika haji bisa didaftarkan ke Kementerian Agama dan biro perjalanan khusus, umroh Mufradah hanya bisa didaftarkan pada biro perjalanan umroh reguler. Oleh karena itu, dalam melakukan umroh Mufradah pada akhirnya seringkali melibatkan ziarah dan bepergian ke berbagai negara di sekitar Mekkah.

BACA JUGA:Sambut Antusias Pembangunan Lapangan Tenis di Sekolah, PELTI: Pembinaan Atlet Harus Dimulai Sejak Dini

2.   Umroh Tamattu

Umroh Tamattu merupakan ibadah umroh yang erat kaitannya dengan rangkaian ibadah haji. Jadi dapat dikatakan bahwa Anda wajib melakukan ibadah umroh ini sebelum melakukan ritual haji lainnya.

Kedua ibadah ini menjadi satu kesatuan dan tidak terpisah, meski pada awalnya, rangkaian ibadah umroh Tamattu lah yang diperkenalkan lebih dulu oleh Rasulullah. Waktunya pun hanya boleh dilakukan pada bulan Haji atau 8 hari pertama bulan Dzulhijjah saja.

Rukun-Rukun Umroh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: