Disdik Jabar Berkomitmen Hadirkan PPDB yang Lebih Bersih dengan Jujur dari Awal

Disdik Jabar Berkomitmen Hadirkan PPDB yang Lebih Bersih dengan Jujur dari Awal

Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya dalam "Sosialisasi Internal PPDB Tahun 2024" di Grand Pasundan Convention Hotel, Kota Bandung, Selasa (14/5/2024).--

Jabar, Disway.id-  Untuk menciptakan proses penerimaan siswa-siswa pada ajaran baru tahun 2024, Disdik Jabar berkomitmen untuk menciptakan proses yang jujur dan adil serta yang terutama transparan dalam setiap penerimaan siswa sesuai aturan yang berlaku.

Amanat tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya dalam "Sosialisasi Internal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2024" di Grand Pasundan Convention Hotel, Kota Bandung, Selasa (14/5/2024).

"Ini yang harus sama-sama kita satu frekuensikan, satu gerak langkah, satu pemahaman," ucapnya. Upaya menghadirkan PPDB yang bersih ini, tambah Kadisdik, salah satunya dengan menandatangani Pakta Integritas "siap diberhentikan dari jabatan".

BACA JUGA:'Kick PPDB Jabar 2024' Pastikan PPDB yang Bersih, Objektif, Transparan, dan Akuntabel

"Saya yakin, kalau kita mencoba bersih, masyarakat pasti bersama kita. Ini pasti tidak mudah, tetapi mudah-mudahan kita bisa melaluinya dengan baik," ujar Kadisdik.

Selain itu, lanjutnya, juga dilakukan "Komitmen Bersama" yang isinya antara lain menjaga keamanan pelaksanaan PPDB, tidak ada intervensi dari pihak mana pun, dan tidak ada pungutan liar.

Kadisdik menjelaskan, PPDB ini terdiri dari dua tahap, yakni tahap 1 dan tahap 2. Tetapi, sebelum tahap 1 sebetulnya ada pra-tahap 1. Pra-tahap 1 ini diperuntukkan bagi keluarga ekonomi tidak mampu (KETM) yang masuk kategori "kemiskinan ekstrem". "Jadi, hanya data yang masuk kemiskinan ekstremlah yang akan disalurkan/difasilitasi (sekolahnya)," ungkap Kadisdik.

Menurutnya, ini adalah bentuk keberpihakan Pemerintah Provinsi Jabar terhadap KETM kemiskinan esktrem.

BACA JUGA:Kepala Disdik Jabar Wahyu Mijaya: Mari Bangun Karakter Siswa!

"Saat ini, kita pun berkolaborasi dengan berbagai pihak yang dipimpin oleh Sekda. Untuk beberapa peningkatan pelayanan hingga pengaduan, kita menggabungkan dengan Sapawarga mulai PPDB tahap 1 dan 2," pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat struktural Disdik Jabar, seluruh panitia PPDB, dan tamu undangan lainnya.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: