Langsung Sampai Tujuan, Rute Busway Menuju Perpusnas yang Harus Kamu Tahu!

Langsung Sampai Tujuan, Rute Busway Menuju Perpusnas yang Harus Kamu Tahu!

Rute Busway Menuju Perpusnas-(Facebook/Perpustakaan Nasional)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Perpustakaan Nasional atau Peprusnas memiliki berbagai fungsi, termasuk sebagai perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan. Selain itu, Perpusnas memiliki koleksi buku langka dan berbagai fasilitas seperti ruang teater, layanan audiovisual, area budaya baca, dan pusat data.

 

Perpusnas juga menyediakan ruang digital yang memungkinkan pengguna membaca buku, berbagi koleksi bacaan, dan berinteraksi secara online. Fitur ini mencakup kumpulan e-book dan fitur menarik untuk membaca.

Lokasi Perpusnas cukup strategis, sehingga kamu tidak perlu bingung jika ingin menggunakan transportasi umum ke Perpusnas. Salah satu transportasi umum yang bisa kamu gunakan untuk ke Perpusnas adalah Bus TransJakarta atau Busway.

Lalu, bagaimana rute busway menuju Perpusnas? Simak yuk!

BACA JUGA:Permudah Sistem Belajar, Disdik Kota Bekasi Launching Aplikasi Perpustakaan Digital

Rute Busway Menuju Perpusnas

Jika kamu ingin ke Perpusnas naik busway, di mana sebaiknya kamu turun?

1. Dari arah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan sekitarnya:

Kamu bisa naik bus TransJakarta dengan tujuan halte Monas. Dari halte Monas, kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan kurang dari 1 kilometer menuju Perpusnas. Kamu bisa berjalan kaki sekitar 12 menit atau menggunakan transportasi online selama kurang dari 5 menit. Alternatifnya, kamu juga bisa naik TransJakarta nomor 1R dengan tujuan Senen-Stasiun Tanah Abang, lalu turun di Halte Balai Kota.

2. Dari arah Jakarta Utara:

Jika kamu datang dari arah Jakarta Utara, naiklah bus TransJakarta koridor 9 dengan rute Pluit-Pinang Ranti dan turun di halte Semanggi. Kemudian, transit dan naik bus TransJakarta koridor 1 dengan rute Blok M-Kota, lalu turun di halte Bank Indonesia.

3. Dari arah Jakarta Timur:

Jika kamu datang dari arah Jakarta Timur, kamu bisa naik bus TransJakarta nomor 1U dengan tujuan TMII-Balai Kota. Turunlah di Halte Perpustakaan Nasional.

Itulah informasi mengenai tempat turun busway untuk ke Perpusnas yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung.

Selain menggunakan busway atau TansJakarta, kamu juga bisa menggunakan transportasi umum lainnya, seperti KRL dan MRT. Yuk cek caranya menggunakan transportasi umum ke Perpusnas berikut ini!

Cara ke Perpusnas Menggunakan KRL

Untuk pergi ke Perpusnas menggunakan KRL, jika berasal dari Bekasi, kamu harus transit di Stasiun Manggarai dan naik kereta menuju Jakarta Kota, lalu turun di Stasiun Gondangdia.

Bagi yang datang dari Bogor dan Depok, bisa langsung naik kereta menuju Jakarta Kota dan turun di Stasiun Gondangdia.

Sedangkan bagi yang datang dari Tangerang, perlu transit di Stasiun Duri, kemudian naik kereta menuju Stasiun Manggarai. Dari sana, naik kereta menuju Jakarta Kota dan turun di Stasiun Gondangdia.

Dari Stasiun Gondangdia, kamu bisa berjalan kaki sekitar 1 kilometer atau menggunakan transportasi online.

Alternatif lainnya, kamu bisa turun di Stasiun Juanda, kemudian ke Halte Juanda dan naik bus TransJakarta koridor 2 menuju Harmoni. Dari Harmoni, naik bus 1A (PIK-Balai Kota), 2 (Harmoni-Pulo Gadung), atau 2A (Rawa Buaya-Pulogadung) ke arah sebaliknya dan turun di Halte Balai Kota.

Cara ke Perpusnas Menggunakan MRT

Kamu dapat naik MRT dari stasiun pemberhentian Lebak Bulus hingga Bundaran HI. Dari arah Lebak Bulus, Fatmawati, Senayan, juga Sudirman, kamu bisa turun di stasiun MRT Bundaran HI.

 

Setelah itu, kamu bisa menggunakan bus tingkat gratis dari Halte Bundaran HI menuju Monas. Kemudian, cukup berjalan sedikit menuju Perpusnas.

BACA JUGA:Membanggakan! Atlet Karawang Sabet Empat Medali Kejuaraan Tenis Junior Jawa Barat Piala Pelti Subang 2024

Jam Operasional Layanan Perpusnas

Perpusnas dapat dikunjungi oleh semua kalangan tanpa biaya untuk membaca berbagai koleksi buku yang ada. Perpustakaan Nasional memiliki ribuan koleksi buku yang sangat menarik untuk dibaca. Jika kamu berencana mengunjunginya, penting untuk mengetahui jam operasional Perpusnas tahun 2024.

Mengutip dari situs resmi perpusnas.go.id, berikut adalah jam operasionalnya:

- Senin-Jumat 08.00 - 16.00 WIB

- Sabtu-Minggu 09.00 - 15.30 WIB

- Cuti Bersama dan Libur Nasional Tutup

 

- Maksimal pengunjung 2000 Perhari

Nah itulah beberapa informasi mengenai transportasi umum, yaitu busway, KRL, dan MRT yang bisa kamu gunakan jika ingin ke Perpusnas.

Jangan lupa untuk mengunjungi Perpusnas sesuai dengan jam operasional layanan Perpusnas. Yuk berkunjung ke Perpusnas dan nikmati berbagai fasilitasnya!**

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: