Kerudung Rentan Rusak? Ikuti 10 Tips Ini untuk Mencuci Kerudung yang Benar

Kerudung Rentan Rusak? Ikuti 10 Tips Ini untuk Mencuci Kerudung yang Benar

Tips mencuci kerudung yang benar--picture by www.dream.co.id

Kerudung adalah salah satu jenis pakaian yang memiliki bahan rentan kerusakan. Tidak semua orang dapat merawat bahan kerudung dengan baik. 

Ketika awal membeli, bahan kerudung pastinya lembuat. Akan tetapi, seiring waktu selalu dipakai dan dicuci, bahan kerudung pun akan berkurang kualitasnya. 

Lalu, apa faktor penyebabnya? Salah satunya adalah karena mencuci yang salah. Simak artikel kali ini untuk mencari tahu jawabannya bagaimana cara mencuci kerudung yang baik, sehingga tidak akan merusak bahan dan tetap terjaga kualitasnya. 

Merawat kerudung agar tetap halus dan awet memerlukan perhatian khusus dalam proses pencucian. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mencuci kerudung dengan benar:

Baca Label Perawatan: Periksa label perawatan pada kerudung untuk mengetahui instruksi khusus mengenai cara mencuci, suhu air, dan metode pengeringan yang direkomendasikan.

Cuci dengan Tangan: Kerudung berbahan halus seperti sutra, chiffon, atau satin sebaiknya dicuci dengan tangan untuk mengurangi risiko kerusakan. Gunakan air dingin atau suam-suam kuku dan deterjen yang lembut.

Gunakan Deterjen Lembut: Pilih deterjen yang diformulasikan khusus untuk kain halus atau deterjen bayi yang tidak mengandung bahan kimia keras. Hindari pemutih atau deterjen yang mengandung enzim agresif.

Rendam Sebentar: Rendam kerudung dalam larutan air dan deterjen lembut selama beberapa menit. Hindari merendam terlalu lama karena dapat merusak serat kain.

Gosok dengan Lembut: Jika ada noda, gosok bagian yang bernoda dengan lembut menggunakan jari atau spons lembut. Hindari menggosok terlalu keras yang dapat merusak kain.

BACA JUGA:Jangan Ikuti, Inilah Cara Mencuci Pakaian yang Salah

Bilas dengan Baik: Bilas kerudung dengan air bersih hingga semua deterjen terangkat. Pastikan tidak ada residu deterjen yang tertinggal karena dapat membuat kain terasa kaku.

Peras dengan Hati-Hati: Hindari memeras kerudung dengan memelintirnya. Sebagai gantinya, tekan dengan lembut untuk menghilangkan kelebihan air atau gulung dalam handuk bersih untuk menyerap sisa air.

Jemur dengan Cara yang Benar: Jemur kerudung dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Gantung dengan hanger yang lembut atau letakkan di atas permukaan datar untuk menghindari perubahan bentuk.

Setrika dengan Suhu Rendah: Jika perlu menyetrika, setel setrika pada suhu rendah atau sesuai dengan petunjuk pada label perawatan. Gunakan kain pelindung antara setrika dan kerudung untuk mencegah kerusakan kain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: