Masih Sering Tertukar Berikut Perbedaan SEO dan SEM

Masih Sering Tertukar Berikut Perbedaan SEO dan SEM

Masih Sering Tertukar Berikut Perbedaan SEO dan SEM-Perbedaan SEO dan SEM-Foto: Xendit

Bagi kalian yang tertarik afau bahkan sudah bergelut di dunia jurnalistik tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO dan SEM. 

Ketika menulis sebuah redaksi tentu harus memperhatikan beberapa hal yang mana salah satunya adalah sesuatu yang bisa membuat redaksi yang kita tulis dapat diketahui dan dibaca oleh banyak orang. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dikupas mengenai perbedaan serta istilah dari ketua kata tersebut. Yuk simak!

Perbedaan SEO dan SEM

SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) adalah dua strategi berbeda untuk meningkatkan visibilitas situs web dalam hasil pencarian mesin telusur (SERPs).

1. SEO (Search Engine Optimization)
   - Ini adalah proses mengoptimalkan situs web agar lebih mudah ditemukan dan muncul di hasil pencarian organik (tidak berbayar) mesin telusur seperti Google, Bing, dan Yahoo.
   - Praktik SEO meliputi pengoptimalan konten, pemilihan kata kunci yang tepat, peningkatan kecepatan situs web, memperbaiki struktur URL, dan memperoleh tautan balik dari situs web lain.
   - Hasil SEO memerlukan waktu untuk diperoleh dan cenderung berkelanjutan, karena peringkat situs web dalam hasil pencarian organik tidak langsung dipengaruhi oleh biaya.

Baca juga: Bisa Jadi Jurnalis, Ini Lho 10 Profesi Jika Kamu Lulusan Ilmu Komunikasi

2. SEM (Search Engine Marketing)
   - Ini adalah strategi pemasaran berbayar di mana pengiklan membayar untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian mesin telusur.
   - SEM umumnya mencakup pembelian iklan PPC (Pay-Per-Click) di platform seperti Google Ads atau Bing Ads, di mana pengiklan membayar setiap kali iklan mereka diklik oleh pengguna.
   - Iklan SEM muncul di bagian atas atau samping halaman hasil pencarian, diberi label "Ad" untuk membedakannya dari hasil organik.
   - Keuntungan SEM adalah dapat memberikan hasil yang cepat dan terukur, serta dapat mengontrol posisi dan penempatan iklan dengan lebih langsung melalui pengaturan anggaran dan penawaran kata kunci.

Jadi, sementara SEO berfokus pada optimasi organik untuk meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian algoritmik, SEM melibatkan pembayaran untuk menampilkan iklan di hasil pencarian dan situs web yang berpartisipasi dalam program iklan berbayar.

 

Itulah perbedaan dari SEO dan SEM yang dapat kalian pelajari. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan kalian ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bahasa jurnalistik