Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berangjat Ibadah Haji

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berangjat Ibadah Haji

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berangjat Ibadah Haji-Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berangjat Ibadah Haji-Foto: Dream.co.id

Melaksanakan ibadah haji memerlukan persiapan yang matang baik secara spiritual, fisik, maupun logistik. Bukan hanya finansial saja yang harus dipersiapkan secara matang. Namun, kesehatan juga tak kalah penting untuk dipersiapkan jauh-jauh hari.

Beribadah Haji bukan hanya sehari dua hari, oleh karena itu persiapan fisik yang kuat haruslah menjadi bekal utama. Memang segala hal sudah diatur oleh Allah SWT, namun tidak ada salahnya untuk ikhtiar terlebih dahulu untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melaksanakan ibadah haji:

 

Persiapan Spiritual

1. Niat dan Ikhlas

   - Memperkuat niat untuk melaksanakan ibadah haji hanya karena Allah SWT dan ikhlas menjalankan semua rangkaian ibadahnya. Niatkan dalam hati dengan ikhlas untuk khusyuk melaksanakan ibadah di Baitullah.

2. Ilmu dan Pemahaman

   - Mempelajari tata cara dan rukun-rukun haji, memahami syarat, wajib, sunnah, dan hal-hal yang membatalkan haji. Mengikuti manasik haji (pelatihan ibadah haji) yang biasanya diselenggarakan oleh lembaga atau kelompok bimbingan haji.

3. Taubat dan Memperbanyak Ibadah

   - Bertaubat dari segala dosa dan memperbanyak ibadah seperti shalat, puasa sunnah, membaca Al-Qur'an, dan berzikir. Selain itu, perbanyaklah berbuat baik kepada sesama terutama kepada keluarga sendiri. Hal ini bukan hanya dilakukan ketika ingin berangkat haji saja, namun lakukanlah setiap saat untuk menjadikan sebuah kebiasaan.

4. Doa dan Mohon Restu

   - Biasanya bagi orang yang akan berangkat haji ataupun umroh akan mengadakan pengajian terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan sebagai memohon doa untuk keselamatan serta kelancaran ketika melaksanakan ibadah tersebut di Baitullah. Memperbanyak doa agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan haji. Memohon restu dan maaf dari keluarga, teman, dan orang-orang di sekitar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ibadah jaji