Pengaruh Kesehatan Mental Ibu Hamil yang Harus Moms dan Dads Ketahui

Pengaruh Kesehatan Mental Ibu Hamil yang Harus Moms dan Dads Ketahui

Pengaruh Kesehatan Mental Ibu Hamil-(Pixabay/Lisa Runnels)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Ibu hamil merupakan kelompok yang rentan mengalami masalah kesehatan mental karena mengalami perubahan pada berbagai tahap kehamilan yang dapat memengaruhi kesehatan mental mereka. Hampir satu dari lima wanita hamil menghadapi masalah kesehatan mental selama periode pre-natal dan postpartum. Bagaimana pengaruh kesehatan mental Ibu hamil? Simak yuk!

 

Wanita hamil seringkali mengalami peningkatan tingkat kecemasan, yang dapat berujung pada berbagai gangguan psikologis seperti kecemasan, stres, insomnia, depresi, atau bahkan post-traumatic stress disorder.

Gangguan kesehatan psikologis selama kehamilan dapat meningkatkan risiko terhadap janin, termasuk perkembangan janin yang kurang optimal, kelahiran prematur, atau berat badan lahir rendah (BBLR).

Faktor-faktor mendasar yang dapat memperburuk kondisi ini antara lain terbatasnya akses pelayanan kesehatan, kurangnya dukungan sosial dari berbagai pihak, serta kekhawatiran terkait kesehatan diri dan janin, terutama dalam konteks penyebaran penyakit.

Dukungan sosial memainkan peran penting dalam membantu wanita hamil mengatasi stresor kehidupan yang mereka hadapi.

 

Pengaruh Kehamilan Terhadap Kesehatan Mental

 

Mengalami perasaan cemas dan kebingungan adalah bagian yang normal dari pengalaman kehamilan atau persiapan menjelang kelahiran.

 

Namun, penting untuk menyadari bahwa sumber stres ini dapat meningkatkan risiko terhadap masalah kesehatan mental pada ibu hamil, seperti depresi dan gangguan psikosis. Risiko ini menjadi lebih signifikan jika ibu hamil telah memiliki riwayat gangguan kesehatan mental serius sebelumnya.

 

Tak hanya berhenti pada periode kehamilan, masalah kesehatan mental ibu juga dapat berlanjut setelah melahirkan. Bahkan, gangguan mood yang tampaknya ringan, seperti rasa cemas, dapat mengintensifkan pada periode pasca melahirkan.

 

Dampaknya tidak hanya terbatas pada kesehatan mental dan fisik ibu pasca melahirkan, tetapi juga berpotensi mengganggu hubungan yang erat antara ibu dan bayi yang baru lahir.

 

Faktor Pengaruh Kesehatan Mental pada Ibu Hamil

 

Selain riwayat gangguan kesehatan mental, terdapat berbagai faktor tambahan yang dapat mempengaruhi kesehatan mental ibu hamil secara signifikan.

 

Kehamilan pada Usia Remaja

 

Kehamilan pada usia remaja dapat membawa tantangan ekstra yang memengaruhi kesehatan mental, mengingat kesiapan fisik dan mental yang mungkin belum sepenuhnya terbentuk.

 

Pengalaman Trauma

 

Pengalaman trauma, baik fisik, emosional, atau kekerasan seksual, dapat memberikan tekanan tambahan pada kesehatan mental ibu hamil.

 

Riwayat Ketergantungan Obat dan Rokok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: