Anak Akuntansi Wajib Tahu! Rumus Excel yang Sering Digunakan untuk mempermudah Pekerjaan
Rumus Excel yang Sering Digunakan-(Pixabay/StockSnap)-
=AVERAGE(A2:A20)
COUNT
Rumus COUNT pada Excel bertujuan untuk menghitung jumlah sel yang mengandung angka. Jika terdapat data di sel A1 hingga M1 yang mencakup angka dan huruf, untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, gunakan rumus berikut:
=COUNT(A1:M1)
COUNTA
Mirip dengan rumus COUNT, COUNTA pada Excel tidak hanya menghitung sel yang mengandung angka, tetapi juga sel yang berisi apapun. Ini memungkinkan Kamu menghitung jumlah sel yang tidak kosong. Sebagai contoh, jika terdapat data angka dan kata di sel A1 hingga P1, termasuk beberapa sel yang kosong, rumus Excel yang dapat digunakan adalah:
=COUNTA(A1:P1)
TRIM
Rumus Excel TRIM berfungsi untuk menghilangkan spasi berlebih pada kalimat dalam satu sel. Rumus ini hanya dapat diterapkan pada satu sel. Sebagai contoh, rumus ini dapat diterapkan seperti berikut:
=TRIM(A3)
IF
Rumus IF pada Excel digunakan untuk menerapkan logika tertentu. Meskipun kompleks, rumus ini umumnya digunakan untuk menganalisis data berdasarkan kondisi benar/salah atau lulus/tidak lulus.
Contoh penggunaannya adalah saat ingin mendapatkan data mahasiswa yang lulus atau mengulang sesuai dengan nilai rata-rata yang ditetapkan:
=IF(A2>75;"LULUS";"MENGULANG")
AND
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: