Keutamaan Menikah Menurut Agama Islam, Wajib Dipahami

Keutamaan Menikah Menurut Agama Islam, Wajib Dipahami

Keutamaan Menikah Menurut Agama Islam, Wajib Dipahami--Foto: Tokopedia

Menurut ajaran Islam, menikah memiliki banyak keutamaan dan manfaat baik di dunia maupun di akhirat. Berikut adalah beberapa keutamaan menikah menurut Islam:

 

Keutamaan Menikah Menurut Islam

1. Ketentraman dan Kesejahteraan Keluarga

Pernikahan merupakan institusi yang mendasari terbentuknya keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah (bahagia, penuh kasih sayang, dan penuh rahmat). Keberadaan keluarga yang harmonis memberikan ketentraman dan kesejahteraan bagi anggota keluarga.

2. Pelampiasan Fitrah

Menikah adalah cara untuk melampiaskan fitrah manusia yang cenderung berpasangan dan membutuhkan kasih sayang serta dukungan dari pasangan hidup.

3. Ibadah

Menikah dianggap sebagai ibadah karena melibatkan niat yang baik, taqwa (ketakwaan), dan ikhlas untuk menjalani kehidupan yang sesuai dengan ajaran agama. Dalam Al-Qur'an, menikah disebutkan sebagai "sunnah" (jalan yang ditempuh oleh Nabi Muhammad SAW).

4. Perbanyakkan Umat

Salah satu tujuan menikah dalam Islam adalah untuk memperbanyakkan umat manusia yang taat kepada Allah SWT. Dengan menikah dan memiliki keturunan yang saleh, seseorang dapat memperkuat umat Islam dan memperluas dakwah agama.

 

Baca juga: 9 Hal Ini Harus Kamu Persiapkan Sebelum Menikah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pernikahan