Diskominfo Purwakarta Terus Maksimalkan Pelayanan Publik

Diskominfo Purwakarta Terus Maksimalkan Pelayanan Publik

Upaya penyebarluasan kebijakan dan pelayanan kepada masyarakat terus digaungkan Diskominfo Kabupaten Purwakarta.--(Foto: karawang.bekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Upaya penyebarluasan kebijakan dan pelayanan kepada masyarakat terus digaungkan Diskominfo Kabupaten Purwakarta.

Satu di antaranya, kegiatan Jambore IT yang digelar di Kebon Pines, Cikole - Lembang, Bandung Barat pada 27-28 Mei 2024 silam hingga Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan SP4N LAPOR! yang bertempat di Prime Plaza Hotel Purwakarta pada 29 Mei 2024.

Jambore IT yang diinisiasi Bidang Telekomunikasi Diskominfo Purwakarta ity bertujuan meningkatkan keahlian tenaga IT dalam mengeloma Smart City dan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Hal itu seperti diutarakan Kadiskominfo Purwakarta Rudi Hartono lewat bidang Telekomunikasi, Tita Rosmiati.

BACA JUGA:Rayakan Hari Spesial dengan Promo Spesial, Aston Bagi-bagi Logam Mulia Gratis

Kata dia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pengelola IT karena setiap instansi perangkat daerah agar dapat terwujud koordinasi dan kolaborasi yang berjalan lancar dan mampu memberikan efisiensi dan efektivitas dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Tita, setiap OPD sudah seharusnya punya website tersendiri agar informasi bisa dikunsumsi seluruh masyarakat secara utuh.

"Kita coba kenalkan website ke dunia luar. Dan percuma kita program maupun website bagus kalau masyarajat tak bisa menggunakanya. Jadi ini maksud kegiata Jambore IT," ujar dia.

Tita meminta semua pihak khususnua OPD saling bergotong royong meningkatkan indeks SPBE. Di mana, indeks SPBE Kabupaten Purwakarta 2023 mencapai 2,27 menjadi 2,99 di tahun 2024.

BACA JUGA:Indomaret dan Selection Gelar Pelatihan Kader Posyandu Kabupaten Purwakarta

"Tentu semua OPD sudah berkontribusi untuk memajukan indeks SPBE," imbuhnya.

Tak kalah dari Bidang Tlekomunikasi, Bidang  Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) juga memasimalkan pengelolaan SP4N LAPOR!.

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Purwakarta Nurfalah, tak kurang dari empat media atau kanal pelayanan publik berbasis aplikasi atau internet yang bisa dilakukan warga untuk menyampaikan aspirasi atau pengaduan. Yakni, SP4N LAPOR, Call Center 112, Ogan Lopian dan WhatsApp Center.

"Ya karena kita sebagai pelayan masyarakat, apabila tak ditangani secara ceoat tentu akan menjadi masalah juga. Harapanya kegitan sosialisasi SP4AN LAPOR ini bisa terlayani dengan baik dan cepat sehingga masyarakat pun merasa puas," tukas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: