6 Bahan Dapur yang Efektif Usir Tikus di Rumah

6 Bahan Dapur yang Efektif Usir Tikus di Rumah

ilustrasi gambar, Tikus--halodoc

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tikus merupakan hewan kosmopolitan (menempati hampir di semua habitat), yang dapat ditemukan baik di lingkungan rumah, hutan, hingga lingkungan berair.

Kebutuhan yang sering didapatkan tikus di lingkungan rumah adalah sumber pakan, tempat bersarang, dan tempat berlindung.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengusir hewan pengerat ini yaitu menggunakan bahan dapur, apa saja bahan dapur yang efektif usir tikus di rumah?

1. Cabai

Tikus sangat tidak menyukai aroma pedas yang menyengat dari cabai. Anda dapat menggunakan bubuk cabai rawit atau irisan cabai merah untuk mengusir tikus dengan menaburkannya di sekitar area yang sering dilalui tikus.

BACA JUGA:Daihatsu Kumpul Sahabat Bandung Berlangsung Seru, Diramaikan Bazar hingga Konser Musik

Alternatif lain adalah mencampurkan bubuk cabai dengan air dan menyemprotkannya di area tersebut. Metode ini tidak hanya mengusir tikus, tetapi juga mencegah mereka kembali.

2. Bawang Putih

Bau kuat bawang putih sangat efektif untuk mengusir tikus. Letakkan beberapa siung bawang putih di tempat-tempat yang sering dilalui tikus. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menghaluskan bawang putih dan mencampurnya dengan air, kemudian menyemprotkannya di area yang ingin Anda lindungi dari tikus. Tikus akan menghindari tempat-tempat yang memiliki bau bawang putih yang kuat.

3. Daun Salam

Daun salam memiliki aroma khas yang tidak disukai oleh tikus. Simpan beberapa lembar daun salam di laci dapur, lemari, atau tempat-tempat yang sering dilalui tikus. Dengan demikian, tikus akan enggan mendekati area tersebut karena bau daun salam yang kuat.

BACA JUGA:282 Kades Terima SK dari Bupati Aep untuk Penyesuaian Masa Jabatan

4. Baking Soda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: