Inilah 10 Tips Merawat Seragam Sekolah yang Benar agar Tetap Awet

Inilah 10 Tips Merawat Seragam Sekolah yang Benar agar Tetap Awet

Tips merawat seragam sekolah yang benar--picture by sajiansedap.grid.id

Seragam sekolah dibeli ketika masuk ajaran baru. Kita pasti akan membeli seragam yang kualitasnya bagus agar bisa terus dipake sampai lulus. 

Namun, nyatanya tidak. Keawetan bahan pakaian tergantung bagaimana kita merawatnya. Untuk itu, yuk intip beberapa tips berikut ini mengenai cara-cara yang mesti dilakukan ketika merawat seragam sekolah agar tetap awet sampai lulus. 

Merawat seragam sekolah agar tetap awet dan terjaga kualitasnya memerlukan beberapa langkah yang hati-hati. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Baca Label Perawatan

Selalu periksa label perawatan pada seragam. Setiap bahan memiliki instruksi perawatan yang berbeda, seperti suhu air, cara pengeringan, dan jenis deterjen yang digunakan.

2. Pisahkan Warna

Cuci seragam putih dan berwarna secara terpisah untuk menghindari luntur warna. Ini akan membantu menjaga seragam tetap cerah dan tidak kusam.

3. Gunakan Air Dingin

Mencuci dengan air dingin dapat membantu mencegah penyusutan dan pelunturan warna. Air dingin juga lebih lembut pada serat kain.

BACA JUGA:10 Tips Memilih Bahan untuk Seragam Sekolah agar Awet sampai Lulus

4. Pilih Deterjen yang Tepat

Gunakan deterjen yang lembut dan hindari penggunaan pemutih yang keras, kecuali jika sangat diperlukan untuk seragam putih. Deterjen yang mengandung enzim bisa efektif untuk menghilangkan noda tanpa merusak kain.

5. Hindari Pemutih Berlebihan

Penggunaan pemutih yang berlebihan bisa merusak serat kain dan membuatnya rapuh. Jika perlu menggunakan pemutih, gunakan sesuai takaran yang dianjurkan.

6. Cuci dengan Tangan

Jika seragam terbuat dari bahan yang lebih halus atau memiliki ornamen khusus, cuci dengan tangan untuk mencegah kerusakan. Gunakan sedikit deterjen dan gosok dengan lembut.

7. Hindari Pemakaian Mesin Pengering

Mengeringkan seragam di mesin pengering bisa menyebabkan penyusutan dan kerusakan serat kain. Sebaiknya jemur seragam secara alami di tempat yang teduh dan berangin.

8. Setrika dengan Suhu yang Tepat

Setrika seragam dengan suhu yang sesuai dengan jenis kainnya. Gunakan setrika uap untuk menghilangkan kerutan tanpa merusak serat kain.

9. Simpan dengan Baik

Simpan seragam di tempat yang kering dan bersih. Hindari tempat yang lembab untuk mencegah jamur dan bau tidak sedap. Gunakan gantungan pakaian agar seragam tetap rapi dan tidak kusut.

10. Perhatikan Noda Segera

Jika terdapat noda pada seragam, segera bersihkan sebelum noda tersebut menetap. Gunakan larutan pembersih noda yang sesuai dan gosok dengan lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: