Ini Lho 10 Perbedaan Sekolah di Indonesia dan Luar Negeri yang Harus Kamu Tahu

Ini Lho 10 Perbedaan Sekolah di Indonesia dan Luar Negeri yang Harus Kamu Tahu

Ini Lho 10 Perbedaan Sekolah di Indonesia dan Luar Negeri yang Harus Kamu Tahu--By Sampoerna academic

4. Evaluasi dan Penilaian

Metode Penilaian

Indonesia: Penilaian sering didasarkan pada ujian tertulis dan nilai akhir, termasuk Ujian Nasional (UN) meskipun ini sudah tidak lagi menjadi syarat kelulusan.

Luar Negeri: Penilaian lebih bervariasi dan mencakup tes, tugas proyek, presentasi, dan partisipasi kelas. Ujian standar seperti SAT, ACT, atau GCSE digunakan untuk penilaian nasional atau internasional.

5. Fasilitas dan Infrastruktur

Ketersediaan Fasilitas

Indonesia: Fasilitas sekolah bisa bervariasi dari satu daerah ke daerah lain, dengan perbedaan yang mencolok antara sekolah di perkotaan dan pedesaan.

Luar Negeri: Banyak sekolah luar negeri dilengkapi dengan fasilitas canggih seperti laboratorium sains, perpustakaan yang lengkap, fasilitas olahraga, dan teknologi pendidikan yang lebih maju.

 

Baca juga: Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Jika Ingin Kuliah di Luar Negeri!

 

6. Lingkungan Belajar

Atmosfer Kelas

Indonesia: Kelas cenderung lebih formal dan disiplin. Guru memiliki otoritas yang besar dan siswa biasanya mengikuti instruksi guru secara ketat.

Luar Negeri: Kelas lebih santai dan interaktif. Guru dan siswa sering memiliki hubungan yang lebih egaliter dan siswa didorong untuk bertanya dan berpendapat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: