6 Cara Ampuh Mengobati Sakit Kurap di Kepala Dengan Bahan Bahan Alami

6 Cara Ampuh Mengobati Sakit Kurap di Kepala Dengan Bahan Bahan Alami

Kurap--

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Kurap di kepala umumnya disebabkan oleh infeksi jamur, yang membuat pendekatan pengobatannya bertujuan untuk menghambat pertumbuhan dan membasmi jamur penyebabnya. Selain menggunakan obat-obatan medis, terdapat juga pilihan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi Kurap.

Kurap di kepala atau tinea capitis sering kali menunjukkan gejala seperti bercak merah bersisik, rasa gatal, dan kerontokan rambut atau bahkan kebotakan di area kulit kepala yang terinfeksi. Infeksi jamur ini dapat menular melalui kontak langsung atau penggunaan barang bersama dengan orang yang terinfeksi, seperti sisir, topi, handuk, atau bantal. Hewan yang terinfeksi kurap juga bisa menjadi sumber penularan bagi manusia.

BACA JUGA:Bunda Wajib Tau! Seperti ini Cara Aman Mengobati Kuku Cantengan Pada Bayi

Meskipun mudah menular, kurap di kepala bisa diatasi dengan penggunaan obat-obatan kurap. Selain itu, pengobatan mandiri dengan obat kurap alami di kepala juga dapat diterapkan untuk mengurangi gejala kurap dan mencegah kondisi ini memburuk.

Pilihan Obat Kurap di Kepala secara Alami

Kurap di kepala umumnya perlu diobati dengan obat kurap secara medis. Di sisi lain, ada beberapa bahan alami yang diketahui mampu mengatasi gejala kurap yang masih ringan dan mencegah kebotakan. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat digunakan:

1.      Minyak kelapa

Punya sifat antijamur yang efektif untuk membunuh jamur penyebab kurap di kepala serta mengurangi peradangan. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup oleskan langsung minyak kelapa ke area yang terkena kurap di kepala minimal 3 kali sehari.

2.      Serai

Serai juga dikenal memiliki sifat antijamur yang bermanfaat untuk meredakan infeksi jamur penyebab kurap di kepala. Caranya adalah dengan menumbuk batang serai dan mengoleskannya ke area kurap di kepala. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan minyak serai yang sudah diencerkan dan mengoleskannya dua kali sehari.

3.      Kunyit,

Sebagai bumbu masak, juga memiliki sifat antijamur dan anti-radang yang baik untuk menghambat pertumbuhan jamur penyebab kurap di kepala. Untuk menggunakannya, haluskan kunyit segar atau campurkan kunyit bubuk dengan sedikit air, lalu oleskan ke area yang terkena kurap di kepala.

4.      Lidah buaya

Telah lama digunakan sebagai pengobatan alami untuk berbagai masalah kulit, termasuk kurap. Lidah buaya membantu meredakan gatal dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kurap di kepala. Oleskan lidah buaya langsung pada area kurap minimal 3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

5.      Minyak pohon

Telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungannya yang memiliki sifat antijamur dan antibakteri membuatnya efektif untuk mengatasi kurap di kepala. Caranya cukup sederhana, encerkan minyak pohon teh dengan minyak pengencer seperti minyak kelapa atau minyak biji bunga matahari sebelum mengoleskannya ke kulit kepala yang terkena kurap.

6.      Bubuk licorice

Punyasifat antijamur dan antibakteri yang kuat, sehingga cocok digunakan untuk mengobati kurap di kepala. Untuk menggunakan bubuk licorice, campurkan 8 sendok teh bubuk dengan secangkir air, lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu, kecilkan api dan aduk hingga menjadi pasta kental. Oleskan pasta licorice ke area yang terkena kurap minimal 2 kali sehari untuk hasil yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: