Mulai Mencoba Kegiatan Dengan Berolahraga? Perhatikan Beberapa Hal Ini

Mulai Mencoba Kegiatan Dengan Berolahraga? Perhatikan Beberapa Hal Ini

Mulai Mencoba Kegiatan Dengan Berolahraga? Perhatikan Beberapa Hal Ini--By Gaya

Memulai rutinitas olahraga sebagai pemula bisa menjadi sangat menantang lho. Namun,   dengan pendekatan yang tepat, kalian bisa menikmati prosesnya dan mencapai hasil yang diinginkan. Berikut adalah beberapa tips olahraga untuk pemula yang bisa kalian ikuti:

 

Rekomendasi Olaharaga Pemula

1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Spesifik dan Realistis: Ketika awal memulai kita memang sering tergoda untuk langsung mencoba olahraga yang expert. Hal tersebut bukanlah suatu hal yang salah, tapi biasanya hanya akan berlangsung dalam waktu yang singkat. Tentukan tujuan yang spesifik dan realistis, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan, atau meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Jangka Pendek dan Panjang: Buat tujuan jangka pendek yang dapat dicapai dalam beberapa minggu serta tujuan jangka panjang yang membutuhkan lebih banyak waktu. Hal tersebut bertujuan untuk memicu semangat kalian untuk terus berolahraga.

2. Mulai dengan Aktivitas yang Kalian Nikmati

Cobalah Berbagai Aktivitas: Eksplorasi berbagai jenis olahraga seperti berjalan, berlari, bersepeda, berenang, yoga, atau kelas kebugaran.

Pilihan yang Menyenangkan: Pilih aktivitas yang kalian nikmati untuk meningkatkan motivasi dan konsistensi. Seperti ketika kalian sedang jogging dengarkan juga musik menggunakan headset untuk menambah semangat kalian.

3. Mulai Secara Perlahan dan Bertahap

Intensitas dan Durasi: Mulai dengan intensitas dan durasi yang rendah, kemudian tingkatkan secara bertahap sesuai kemampuan dan kebugaran kalian. Bertahaplah jangan langsung menentukan jadwal yang berat.

Pemanasan dan Pendinginan: Lakukan pemanasan sebelum dan pendinginan setelah berolahraga untuk mengurangi risiko cedera dan meningkatkan pemulihan.

4. Buat Jadwal Rutin

Tetapkan Waktu Khusus: Tentukan waktu khusus dalam sehari untuk berolahraga dan jadikan itu sebagai bagian dari rutinitas harian kalian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: