Gak Kalah Baik Dari Susu Sapi. Berikut 9 Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Kesehatan.

Gak Kalah Baik Dari Susu Sapi. Berikut 9 Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Kesehatan.

Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Kesehatan. --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Susu kambing etawa merupakan produk susu yang dihasilkan dari kambing etawa, yang terkenal karena kandungan nutrisi dan manfaat kesehatannya. Susu Kambing Etawa punya beragam sekali manfaat yang berguna untuk Tubuh. 

Manfaat susu kambing etawa tidak kalah baiknya dengan susu sapi atau susu nabati lainnya karena mengandung berbagai nutrisi tinggi seperti fosfor, kalsium, sodium, dan fluorin. Apalagi susu ini dianggap memiliki nutrisi yang hampir sebanding dengan ASI.

Kambing Etawa merupakan hasil persilangan antara kambing Jamnapari dari India dengan kambing lokal india. Karena mudah untuk dipelihara, masyarakat mulai mengembangbiakkannya sebagai sumber susu yang bermanfaat.

BACA JUGA:Rekomendasi Obat Kurap di Apotik Berikut Cara Pencegahannya

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat susu kambing etawa, Anda dapat membaca artikel ini, Grameds.

Manfaat susu kambing etawa

1. Melancarkan Produksi ASI

Kandungan kalsium dalam susu kambing etawa jauh lebih tinggi, mencapai 6 kali lipat dibandingkan susu sapi biasa. Kalsium ini sangat penting untuk ibu hamil dan menyusui karena diperlukan dalam pembentukan janin, terutama saat memasuki trimester ketiga kehamilan.

Susu kambing etawa juga yakin dapat meningkatkan produksi ASI. Bagi ibu hamil atau menyusui, susu kambing etawa merupakan sumber nutrisi yang baik untuk mendukung kesehatan ibu dan janin.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Selain bermanfaat untuk pembentukan tulang janin, susu kambing etawa juga berperan dalam perkembangan kecerdasan dan daya ingat anak. Kandungan Riboflavin (vitamin B2) dan vitamin B3 dalam susu kambing etawa dipercaya dapat mendukung pertumbuhan sel otak dan saraf, baik pada anak-anak maupun janin dalam kandungan.

3. Pencegahan dan Mengatasi Stres

Konsumsi susu kambing etawa dalam keadaan hangat dapat membantu menenangkan tubuh dan mengurangi stres serta kelelahan yang dirasakan. Susu ini mengandung zinc dan magnesium yang dapat memperkuat jaringan saraf. Dengan mengonsumsinya secara rutin, seseorang dapat menghindari berbagai gangguan kesehatan yang berhubungan dengan sistem saraf.

4. Baik bagi Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam susu kambing etawa dapat membantu menormalkan tekanan darah, yang secara tidak langsung mendukung kesehatan jantung. Dengan menjaga sirkulasi darah tetap lancar dan kesehatan jantung terjaga, risiko terkena penyakit stroke dapat diminimalkan. Penting untuk menyeimbangkan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

5. Mengobati Penyakit Pernapasan

Dalam bidang pengobatan alternatif, susu kambing etawa dikenal karena kemampuannya dalam mengatasi berbagai penyakit yang terkait dengan saluran pernafasan seperti asma, tuberkulosis (TBC), dan flek paru-paru. Hal ini disebabkan oleh kandungan fluorin dan beta kasein yang membantu proses penyembuhan penyakit-penyakit tersebut.

6. Perawatan Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, susu kambing etawa juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Susu kambing mudah diserap oleh kulit sehingga sering digunakan dalam produk kecantikan. Kandungannya yang kaya seperti asam laktat untuk regenerasi kulit mati, vitamin C, vitamin B, niacin, dan thiamin, sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

7. Meningkatkan Antibodi

Kandungan fluorin dalam susu kambing etawa tidak hanya bermanfaat untuk penyakit pernapasan, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Kandungan fluorin dalam susu kambing etawa bahkan lebih tinggi hingga 10 kali lipat dibandingkan susu sapi, menjadikannya pilihan yang baik untuk mempercepat pemulihan dan memperkuat kekebalan tubuh setelah sakit.

BACA JUGA:4 Cara Paling Ampuh Atasi Kaki Kapalan Berikut Cara Pencegahannya

8. Cocok untuk Diet

Susu kambing Etawa cocok untuk dimasukkan ke dalam daftar makanan atau minuman saat sedang menjalani diet karena baik bagi pencernaan. Kandungan lemak dan proteinnya dapat dicerna dengan baik oleh lambung, sehingga membantu pembakaran lemak secara efisien. Susu ini juga dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk ngemil. Disarankan untuk meminum susu setelah makan agar rasa kenyang bertahan lebih lama.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Mengonsumsi susu kambing Etawa dapat membantu menurunkan tekanan darah. Susu ini mengandung kalsium dan vitamin D yang berperan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil. Meskipun bukti ilmiahnya masih terbatas, kalsium juga dapat mempengaruhi pembuluh darah untuk menyempit, sehingga membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: