Tips Memilih Tanaman Hias, Masih Bingung?

Tips Memilih Tanaman Hias, Masih Bingung?

Tips Memilih Tanaman Hias, Masih Bingung?--Kompas.com

Memilih tanaman hias yang tepat untuk rumah kamu memerlukan beberapa pertimbangan agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik dan sesuai dengan lingkungan serta gaya hidup kamu. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih tanaman hias yang cocok:

 

1. Pertimbangkan Kondisi Cahaya

Cahaya Terang: Jika ruangan kamu mendapatkan banyak cahaya matahari langsung, pilih tanaman yang membutuhkan banyak cahaya seperti kaktus, sukulen, atau tanaman janda bolong (Monstera).

Cahaya Tidak Langsung: Untuk ruangan dengan cahaya terang tetapi tidak langsung, tanaman seperti philodendron, puring (Croton), atau tanaman hias kuping gajah (Alocasia) bisa menjadi pilihan.

Cahaya Rendah: Jika ruangan kamu cenderung gelap, pilih tanaman yang tahan cahaya rendah seperti lidah mertua (Sansevieria), pakis, atau pothos.

2. Perhatikan Kebutuhan Air

 Tanaman yang Memerlukan Banyak Air: Jika kamu siap untuk sering menyiram tanaman, pilih tanaman seperti tanaman calathea atau anggrek.

Tanaman yang Memerlukan Sedikit Air: Untuk perawatan yang lebih mudah, pilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak air seperti sukulen, kaktus, atau lidah mertua.

3. Ukuran Tanaman

Ukuran Kecil: Tanaman kecil cocok untuk meja kerja atau rak buku, seperti kaktus mini, sukulen kecil, atau tanaman haworthia.

Ukuran Sedang: Untuk meja atau sudut ruangan, tanaman seperti tanaman hias ZZ (Zamioculcas zamiifolia) atau pohon ara daun karet (Ficus elastica) bisa menjadi pilihan.

Ukuran Besar: Jika kamu memiliki ruang besar atau sudut kosong, tanaman seperti Monstera, palem areca, atau pohon pisang hias (Musa) dapat menjadi fokus utama ruangan.

4. Gaya dan Dekorasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: