5 c, Bisa Meredakan Sakit Wasir

5 c, Bisa Meredakan Sakit Wasir

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-  Jangan meremehkan keberadaan tanaman ini karena terdapat berbagai manfaat kesehatan yang dapat diperoleh. Ayo, ketahui manfaat daun sambung nyawa!

Apakah Anda pernah mendengar tentang tanaman herbal ini? Daun sambung nyawa merupakan tanaman herbal yang diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman dengan nama latin Gynura procumbens ini tumbuh melimpah di negara-negara tropis seperti China, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Beberapa orang juga mengenalnya sebagai daun dewa. Ciri-ciri daun sambung nyawa meliputi warna hijau, bentuk lonjong, dan sedikit berbulu halus.

Berdasarkan jurnal di National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine, tanaman herbal ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai negara. Manfaat daun sambung nyawa melibatkan penanganan penyakit ginjal, jantung, rematik, diabetes, sembelit, hipertensi, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan saponin, tannin, terpenoid, flavonoid, dan kaempferol-3-O-rutinoside. Selain itu, keberadaan kaempferol, astragalin, hingga rutin juga memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Antioksidan yang terdapat dalam daun ini juga dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan kanker.

 Berikut adalah beberapa manfaat daun sambung nyawa yang perlu diperhatikan:

1.      Merawat Keseleo

Apabila kamu mengalami keseleo selama berolahraga, tidak perlu panik. Untuk meredakannya, minumlah air rebusan daun sambung nyawa dengan tambahan temulawak secara teratur dua kali sehari hingga kondisi sembuh.

 BACA JUGA:7 Manfaat Ajaib Daun Sambung Nyawa Bagi Kesehatan

2.      Mengatasi Wasir

Manfaat daun dewa meliputi kemampuannya untuk mengatasi masalah wasir. Caranya adalah dengan mengonsumsi ramuan dari air rebusan daun dewa yang dicampur dengan lidah buaya dan sedikit tambahan madu. Namun, jika kondisi wasir semakin parah, ambillah beberapa lembar daun dewa, peras untuk mengeluarkan getahnya, dan masukkan ke dalam anus.

 

3.      Mencegah Penyakit Ginjal

Daun sambung nyawa memiliki khasiat mencegah penyakit ginjal. Ekstrak dari daun dewa dapat menghambat pembelahan sel dan sintesis DNA yang dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Oleh karena itu, manfaat dari daun ini dapat diperoleh dengan mengonsumsinya secara teratur. Meskipun demikian, perlu diperhatikan kemungkinan efek samping dari konsumsi daun sambung nyawa dalam jangka panjang.

4.      Mengatasi Penyakit Jantung

Daun dewa dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan jantung dengan mengonsumsi rebusan daun ini secara rutin.

5.      Membantu Melawan Kanker

Ekstrak daun sambung nyawa dapat membantu mencegah pertumbuhan dan pembelahan sel kanker, sehingga dapat membantu mencegah penyebaran kanker ke organ lain.

6.      Mengatasi Penyakit Stroke

Daun sambung nyawa dapat membantu mengatasi penyakit stroke dengan mengonsumsi ramuan herbal yang melibatkan umbi daun dewa, biji ginkgo, dan madu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: