Plong! Begini Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi di Rumah

Plong! Begini Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi di Rumah

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi-(Pixabay/PublicDomainPictures)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Ketika bayi mengalami batuk berdahak, mengeluarkan dahak pada bayi bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para Moms. Penumpukan dahak dapat mengganggu pernapasan si kecil dan menyebabkan ketidaknyamanan.

 

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk mengetahui cara yang tepat dan aman untuk membantu mengeluarkan dahak pada bayi.

 

Ada beberapa metode sederhana namun efektif yang bisa dilakukan, mulai dari penggunaan humidifier hingga teknik memijat yang lembut.

 

Memahami teknik yang tepat tidak hanya membantu mengatasi dahak, tetapi juga dapat mencegah masalah pernapasan lebih lanjut.

 

Mengeluarkan dahak pada bayi bisa menjadi tugas yang menantang bagi Moms, tetapi ada beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi yang dapat dicoba di rumah, yuk simak Moms!

BACA JUGA:Mengganggu Kenyamanan, Kenali Penyebab Batuk Berdahak pada Bayi Mulai dari Asap Rokok hingga Virus

 

Nebulizer di Rumah Sakit

 

Salah satu cara umum untuk mengeluarkan dahak pada bayi adalah melalui terapi uap menggunakan nebulizer di rumah sakit. Terapi ini membantu mengencerkan dahak dengan memberikan cairan garam fisiologis untuk mengatasi hidung tersumbat.

 

Uap Air Panas

 

Cara yang mudah untuk mengeluarkan dahak pada bayi adalah dengan menggunakan uap air panas. Caranya, Moms bisa menyiapkan baskom berisi air hangat, mungkin dicampur dengan minyak kayu putih.

Bayi dapat menghirup uap yang dihasilkan oleh air hangat tersebut, membantu mengencerkan dahak dan melegakan saluran hidung yang tersumbat.

 

Menepuk-nepuk Punggung Bayi

 

Salah satu cara tradisional untuk mengeluarkan dahak pada bayi adalah dengan menepuk-nepuk punggungnya saat bayi dalam posisi tengkurap. Moms dapat:

 

   - Posisikan bayi tengkurap.

 

   - Tepuk perlahan punggung kanan dan kiri bayi.

 

   - Letakkan bayi dalam posisi miring kiri atau kanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: