Tips Mengelola Keuangan untuk Mencapai Fianancial Stable

Tips Mengelola Keuangan untuk Mencapai Fianancial Stable

Tips Mengelola Keuangan-(Pixabay/stevepb)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Salah satu langkah krusial dalam mencapai stabilitas keuangan di masa mendatang adalah mengatur dan mengelola keuangan terutama pengeluaran saat ini. Karenanya Anda perlu tahu tips mengelola keuangan agar stabilitas keungan dapat tercapai.

 

Pengelolaan keuangan terutama pengeluaran tidak hanya melibatkan pengurangan pembelian yang tidak kita perlukan, tetapi juga mencakup perencanaan terhadap tujuan keuangan masa depan.

 

Bagaimana tips mengelola keuangan jika ingin mulai dari sekarang?

BACA JUGA:Mengenal Gaya Hidup Slow Living, Meninggalkan Kesibukan Tak Berarti

 

Tips Mengelola Keuangan

 

Mengatur pengeluaran tidak harus berarti mengorbankan kualitas hidup Anda; sebaliknya, langkah-langkah ini lebih berfokus pada pengambilan keputusan yang cerdas dalam setiap pengeluaran. Berikut adalah beberapa langkah efektif untuk mengelola pengeluaran Anda.

 

Merancang Rencana Anggaran Bulanan yang Terperinci dan Realistis

 

Dalam merencanakan alokasi anggaran, Anda dapat mencoba metode 70/20/10, yang membagi penghasilan bulanan menjadi 70% untuk biaya hidup, 20% untuk tabungan, dan 10% untuk investasi.

 

Alternatif lain adalah metode 40/30/20/10, yang mengalokasikan 40% dari penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari. Kemudian 30% untuk kewajiban seperti pembayaran cicilan, 20% untuk tabungan, dan 10% untuk amal seperti zakat atau perpuluhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: