Peristiwa Menarik di Hari Asyura Berdasarkan Kisah Para Nabi

Peristiwa Menarik di Hari Asyura Berdasarkan Kisah Para Nabi

Kisah nabi di Bulan Muharram --

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Bulan Muharram, yang merupakan bulan pertama dalam kalender hijriah, memiliki arti "yang dilarang" dalam bahasa Arab, sebagaimana disebutkan dalam Alquran surah At-Taubah ayat 36. Ayat ini mengatur tentang empat bulan haram, di antaranya adalah Muharram, Zulkaidah, Zulhijah, dan Rajab, di mana aktivitas tertentu, terutama berperang, diharamkan.

Peringatan satu Muharram erat kaitannya dengan hijrahnya nabi Muhammad dari mekah sampai Madinah. Cerita akan pengorbanan Ali bin Abi Tahalib saat menyelematkan Rasulullah juga cukup menyayat hati dan jadi pengingat bagaimana Sejarah besar hari Muharram.

BACA JUGA:Bukan Tradisi Biasa, Ternyata Ini Simbol Di Balik Pawai Obor saat Memperingati Tahun Baru Islam

Momen hijrah dari Mekkah ke Madinah dianggap sebagai tonggak penting dalam sejarah Islam. Penanggalan Hijriah yang digunakan umat Islam dinamakan berdasarkan peristiwa hijrah ini, yang menjadi tahun pertama dalam penanggalan tersebut.

Muharram adalah bulan yang penuh keberkahan. Tapi, tahukah kamu? Ada salah satu hari di bulan Muharram yang amat begitu spesial?

 

Keutamaan Bulan Muharram di Al Quran, ada Hari Asyura 

Selain terkenal dengan kisah kisahnya yang melegenda. Tahukah kamu, Muharram menjadi salah satu bulan yang dipenuhi banyak keberkahan. Catatan amalan seorang muslim, mulai diperhitungkan sejak bulan ini. Oleh karenanya, banyak muslim dan Muslimah berlomba lomba untuk beribadah serta melakukan kebaikan di BUaln Muharram demi membuka catatan amalan dengan hal hal baik. 

Banyak banget amalan yang bisa kamu lakukan selaman bulan Muharram, mulai dari berpuasa hingga bersedekah. Seperti halnya yang dikutip dari laman NU, di tanggal 10 Muharram dikenal sebagai hari Asyura, berasal dari kata Al-Asyir yang berarti ke-10 dalam bahasa Arab. Pada hari ini, terdapat beberapa peristiwa bersejarah. Adapun diantaranya seperti :

1. Nabi Idris 'alaihissalam diangkat ke tempat yang lebih tinggi, menandai penerimaan derajat yang luhur karena sifatnya yang penuh belas kasihan kepada sesama.

2. Nabi Adam 'alaihissalam bertaubat kepada Allah SWT atas dosa-dosanya setelah memakan buah khuldi. Beliau diampuni dan diterima taubatnya setelah diturunkan ke muka Bumi oleh Allah SWT.

3. Nabi Musa 'alaihissalam dianugerahi kitab Taurat saat berada di bukit Thursina (Sinai) dan menyelamatkan umatnya dari pasukan Fir'aun ketika menyeberangi Laut Merah. Ini merupakan kemenangan dan anugerah dari Allah SWT.

4. Nabi Ibrahim 'alaihissalam dikenal sebagai khalilullah (kekasih Allah SWT). Pada tanggal 10 Muharram, beliau diuji dengan dilemparkan ke dalam api yang berkobar oleh Namrud karena menolak menyembah berhala. Namun, Allah SWT melindungi beliau dari siksaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: