Kenali, 5 Jenis Ular Berbisa yang Paling Sering masuk Rumah

Kenali, 5 Jenis Ular Berbisa yang Paling Sering masuk Rumah

Ular Masuk Rumah --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Rumah yang nyaman menjadi dambaan setiap keluarga. Salah satu kunci agar rumah tetap nyaman adalah dengan menjaga rumah tetap aman dari serangan hama ataupun preator yang mengancam. Tidak selamanya di hutan atau lautan, ular juga tinggal di segala tempat tidak terkecuali pemukiman penduduk.

Banyak ditemui sejumlah kasus dimana ular masuk ke rumah rumah yang padat penduduk. Satu kondisi dimana rumah menjadi tidak aman dan was was ditinggali terjadi saat rumah kedatangan ular.

Ular cenderung suka tinggal di tempat yang lembap, semak-semak, dan jarang terganggu oleh manusia. Namun, ada beberapa alasan mengapa ular bisa masuk ke dalam rumah, salah satunya adalah untuk mencari tempat berlindung. Oleh karena itu, penting untuk waspada jika menemukan ular di dalam rumah, terutama jika jenisnya beracun.

Berikut adalah beberapa jenis ular berbisa yang sering masuk ke rumah.

1. Ular Welang


Ular Welang--

Ular Welang punya corak kulit yang khas dan unik, memiliki warna belang hitam dan putih ular, membuat ular Welang mudah terlihat dan dibedakan dari jenis ular lainnya. Punya badan yang ramping, ular ini memiliki Panjang mencapai 1,5 meter. Meskipun tidak agresif seperti beberapa jenis ular lainnya, perlu hati-hati karena ular weling termasuk jenis beracun. Warnanya yang cantik ular welang bisa menyebabkan kematian akibat bisa dari racun yang ia keluarkan. Mitos juga menyebutkan bahwa kehadiran ular weling di dalam rumah bisa menjadi pertanda buruk.

2.  Ular Weling

Ular Weling tidak jauh berbeda dengan Ular welang karena berasal dari spesies yang sama. Ular Welang dan Ular Weling sama-sama memiliki corak tubuh yang mirip. Tubuh mereka dikelilingi oleh garis hitam dan warna kuning atau warna putih. Terlihat identic kedua ular ini punya perbedaan yang mencolok baik dari bentuk kepala dan ekor, sampai dengan motif belang pada tubuh.

Meseki demikian, Welang dan Weling sama sama mengeluarkan bisa yang mematikan. Welang adalah salah satu jenis ular berbisa karena racun neurotoksin yang cukup berbahaya. Mengutip dari buku "Rahasia Ular" karya Wong Comic, ular welang, yang dikenal juga sebagai ular belang karena garis-garis kuning dan hitamnya. Memiliki ukuran mencapai 2-3 meter, Welang biasanya mereka hidup di sekitar danau, sungai, dan persawahan. Ukurannya mencapai 2—3 meter.

BACA JUGA:Cegah Ular Masuk ke Rumah Sat Musim Hujan, Gunakan Bahan Dapur ini

3. Ular Tanah

Ular tanah adalah jenis ular yang tinggal di dalam tanah dan sering masuk ke rumah dalam kondisi tertentu, seperti saat mencari mangsa. Ular tanah merupakan ular endemic di Kawasan Asia Tenggara, Ular ini mudah ditemukan di sekitar pulau Jawa khususnya di pulau Jawa, Jawa Barat, dan Jawa Tengah bagian Barat serta Karimun Jawa.

Ular Tanah menjadi ular yang harus diwaspadai, karena gigitan ular ini cukup mematikan karena mengakibatkan disfungsi organ sampai kematian. Sesuai dengan Namanya, ular ini tinggal di dalam tanah bahkan bntuk fisik ular tanah hampir mirip dengan tanah, Ia bukan tergolong ular yang agresif, tapi akan menyerang dengan mudah jika terganggu. Ular ini aktif di Siang dan Malam hari terutama saat hujan dan dalam kondisi lembab, Makanan ular ini adalah tikus, Kadal , Katak sampai Burung.

4. Ular Pucuk


Ular Pucuk --

Seperti Namanya, ular ini tinggal di pucuk atau dahan pohon. Meski habitat aslinya tinggal di atas pepohonan, kerap dijumpai jika ular pucuk masuk ke dalam rumah rumah warga. Salah satu alasan mereka masuk rumah adalah karena habitat alaminya telah terganggu.

Ular pucuk atau memiliki nama latin Ahaetulla Prasina memiliki bentuk kepala yang runcing seperti pyramid, memiliki bentuk tubuh yang kecil dan cendrung ramping dengan warna kulit berwarna hiju terang layaknya pucuk daun yang menghijau. Keunikan pada tubuhnya membuat ular pucuk mudah berkamuflase di Semak Semak hutan yang rimbun.

5. Ular Kobra

Tanpa dijelaskan lebih jauh, ular kobra banyak dikenal sebagai ular yang berbisa dan cukup mematikan.  Tapi tahukah kamu, jika ular kobra banyak ditemui di lingkungan penduduk dan kerap masuk kedalam rumah. Salah satu jenis ular kobra yang sering masuk ke dalam rumah tersebut yakni Kobra Jawa.

Ular kobra atau sering disebut juga ular sendok, merupakan jenis ular yang sangat berbahaya karena bisa mematikan. Gigitan atau semburan bisa dari ular kobra dapat menyebabkan kematian manusia dengan cepat. Oleh karena itu, penting untuk segera mengusir ular kobra karena potensi risikonya yang tinggi. Mitos tentang ular kobra sering kali dikaitkan dengan pertanda buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: