5 Tips Ampuh Membuat Anak Kelas 1 SD agar Rajin Sekolah Tanpa Bermalas-malasan

5 Tips Ampuh Membuat Anak Kelas 1 SD agar Rajin Sekolah Tanpa Bermalas-malasan

Tips anak SD rajin sekolah--picture by www.haibunda.com

Siswa kelas 1 Sekolah Dasar adalah usia anak-anak yang masih senang dalam bermain, tidak mau diatur, atau lebih berekspresi sendiri. 

Di Indonesia, usia 7 tahun sudah layak untuk melanjutkan jenjang Sekolah Dasar setlah sebelumnya mereka bermain dan belajar di Taman Kanak-kanak atau PAUD.

Kemandirian setiap anak juga tentu saja berbeda-beda. Ada yang mengerti dirinya sudah besar sehingga masuk SD. Adapun yang masih senang dalam bermain. 

Salah satu tantangan besar bagi Ayah dan Bunda adalah membuat sang buah hati yang sudah menginjak kelas Sekolah Dasar bisa semangat terus dan rajin sekolah. 

BACA JUGA:Liburan akan Berakhir, Inilah 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Masuk Sekolah

Jika mendengar beberapa pengalaman orang tua di luar sana, mereka banyak mengeluhkan anaknya yang malas sekolah, bangun kesiangan, tidak mau mengerjakan tugas, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan fenomena di atas, mesti adanya solusi yang dilakukan oleh berbagai pihak. Mulai dari guru, sistem belajar sekolah, bahkan orang tua. Salah satu yang terpenting adalah pemberian motivasi dan semangat belajar pada anak. 

Selain itu, kta juga dapat menemukan beberapa tips lainnya agar anak kita yang sudah memasuki SD bisa rajin sekolah. Penasaran bukan? Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

BACA JUGA:Awal Masuk Sekolah Ditugaskan Menulis Pengalaman Selama Liburan? Ikuti 5 Tips Ini dan Contohnya

Berikut adalah beberapa tips untuk melatih agar anak kelas satu SD rajin sekolah:

1. Memberikan Motivasi

Berikan motivasi kepada anak agar rajin belajar di sekolah. Motivasi dapat datang dalam bentuk pujian, penghargaan, atau hadiah saat anak menunjukkan prestasi di sekolah.

2. Menjaga Kesehatan dan Gizi

Pastikan anak mendapatkan sarapan yang bernutrisi untuk memberikan energi yang cukup sehingga mereka siap belajar seharian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: