Mitos atau Fakta Menelan Biji Buah Bisa Menyebabkan Usus Buntu

Mitos atau Fakta Menelan Biji Buah Bisa Menyebabkan Usus Buntu

Biji Semangka--

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Usus Buntu jadi salah satu jenis penyakit yang ditakuti banyak orang, karena jalan terakhir agar bisa sembuh hanyalah lewat meja operasi. Usus Buntu bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya dari kebiasaan menelan biji buah, biji tersebut terus menumpuk hingga membuat usus besar tersumbat hingga terjadilah Usus Buntu. Tapi, apakah benar Usus Buntu disebabkan oleh kebiasaan menelan biji buah? Simak informasinya dibawah ini

Melon, Semangka, Jeruk sampai apel adalah buah buahan yang punya biji kecil dan terselip di dalam daging buah. Punya ukuran yang kecil membuat biji buah tidak bisa dihindari dan tertelan begitu saja ke dalam mulut. Layaknya biji buah markisa yang tidak bisa dihindari untuk dilepaskan dari dagingnya. Satu sampai tiga biji buah masih dalam batas wajar, bagaimana dengan sepuluh, belasan sampai puluhan biji buah yang tidak sengaja tertelan oleh kita? 

BACA JUGA:Coba Cara Ini Saat Gagal Root, Khusus Pengguna Hp Realme

Kenyataan ini menimbulkan banyak pertanyaan bagi bebrapa orang. Kemanakan perginya biji buah yang tidak sengaja tertelan? Apakah akan larut dengan zat asam di lambung? Atau justru tidak diproses oleh lambung dan justru menumpuk di usus besar? Beberapa orang mengatakan jika, kebiasaan menelan biji buah bisa menyebabkan usus buntu. Namun, apakah ini adalah hal yang benar? 

 

Penelitian Terkait Biji Buah Bisa Menyebabkan Usus Buntu.

Terdapat penelitian menarik yang membahas hubungan antara masuknya biji buah ke dalam tubuh, baik secara disengaja maupun tidak, dan penyakit usus buntu. Studi yang dilakukan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, berjudul “Can fruit seeds and undigested plant residuals cause acute appendicitis”, menyajikan data menarik terkait kasus apendisitis akut antara tahun 2002 dan 2009.

Dari 1.969 kasus apendisitis akut yang menjalani operasi usus buntu, ditemukan bahwa 8 kasus melibatkan sisa tanaman atau biji buah yang tidak tercerna. Rata-rata usia pasien adalah 39 tahun dengan keluhan utama dan temuan pemeriksaan yang konsisten dengan apendisitis akut lainnya. Hasil pemeriksaan histopatologi menunjukkan adanya nanah dari apendiks pada biji buah tersebut.

Meskipun beberapa biji buah yang tertelan dapat dikeluarkan dari tubuh secara alami, ada kemungkinan bahwa biji buah ini bisa menyebabkan penyumbatan pada usus buntu dalam jangka waktu tertentu, yang akhirnya dapat memicu apendisitis. Penting untuk dicatat bahwa biji buah yang tertelan bukanlah penyebab langsung dari penyakit usus buntu, namun dapat memainkan peran dalam terjadinya kondisi ini.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Radang Usus Akibat Sembelit

Menurut para ahli dalam studi tersebut, risiko bahwa biji buah menyebabkan apendisitis sangat kecil. Kasus apendisitis yang terkait dengan biji buah merupakan kejadian yang jarang di antara semua pasien yang menjalani apendektomi.

Disini jelas dikatakan, Bahwasannya menelan biji buah yang berukuran kecil tidak menyebakan usus buntu (Mitos). Tapi ada baiknya kamu sebelum mengkonumsi atau saat mengupas buah pisahkan dengan teliti biji dan dagingh buah agar tidak tertelan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: