Manfaat biji bunga matahari Ternyata Bagus Untuk Jantung!

Manfaat biji bunga matahari Ternyata Bagus Untuk Jantung!

Manfaat biji bunga matahari Ternyata Bagus Untuk Jantung!--InilahTasik

 

Biji bunga matahari (Helianthus annuus) adalah sumber nutrisi yang kaya dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari biji bunga matahari:

 

1. Sumber Nutrisi yang Kaya: Biji bunga matahari mengandung berbagai nutrisi penting termasuk vitamin E, vitamin B1 (tiamin), vitamin B6, folat, magnesium, selenium, tembaga, dan fosfor.

2. Kaya Akan Vitamin E: Vitamin E adalah antioksidan yang kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini juga mendukung kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung: Kandungan vitamin E, magnesium, dan fitosterol dalam biji bunga matahari membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kesehatan jantung. Magnesium juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

4. Mengandung Antioksidan: Selain vitamin E, biji bunga matahari juga mengandung selenium yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan mendukung fungsi tiroid yang sehat. Antioksidan sangat baik jika dikonsumsi oleh tubuh. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kebutuhan antioksidan di dalam tubuh, kalian dapat mengonsumsi makanan biji matahari ini sebagai cemilan.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang: Kandungan magnesium, fosfor, dan tembaga dalam biji bunga matahari sangat penting untuk kesehatan tulang. Magnesium membantu dalam penyerapan kalsium dan fosfor adalah komponen utama dari tulang.

 

Baca juga: Jarang Diketahui, Daun Bunga Matahari Sangat Banyak Manfaatnya Lho! Kaya Akan Antioksidan

 

6. Mengatur Gula Darah: Biji bunga matahari mengandung serat dan protein yang membantu mengatur kadar gula darah. Ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko mengalami diabetes.

7. Meningkatkan Fungsi Otak: Vitamin B1 (tiamin) dalam biji bunga matahari mendukung fungsi otak yang sehat dan membantu dalam produksi energi di otak. Asam folat juga berperan dalam kesehatan otak dan pencegahan gangguan kognitif.

8. Menurunkan Peradangan: Kandungan fitonutrien dan asam lemak tak jenuh ganda, seperti asam linoleat, dalam biji bunga matahari memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: