Hal yang harus dipersiapkan jika akan sidang skripsi

Hal yang harus dipersiapkan jika akan sidang skripsi

Hal yang harus dipersiapkan jika akan sidang skripsi--STAIKU

 

Pada masa sidang skripsi, banyak mahasiswa yang bingung dengan hal-hal apa saja yang harus dipersiapakan ketika akan sidang. 

Untuk mempersiapkan sidang skripsi, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

1. Materi Presentasi: Buatlah slide presentasi yang ringkas dan jelas. Fokuskan presentasi tersebut pada poin-poin utama seperti latar belakang, tujuan, metodologi, hasil, dan kesimpulan. Catat dan tandai juga beberapa point atau kata-kata penting yang nantinya kalian butuhkan dalam penyampaian presentasi.

2. Penguasaan Materi: Pastikan kamu benar-benar memahami setiap bagian dari skripsimu. Ini termasuk metode penelitian, data yang digunakan, hasil yang didapat, dan kesimpulan yang ditarik. Oleh karena itu, baiknya dalam pengerjaan skripsi ini dilakukan oleh sendiri sehingga kalian paham dengan apa yang kalian tulis.

3. Latihan Presentasi: Berlatih presentasi berulang kali. Kamu bisa berlatih di depan teman, keluarga, atau bahkan di depan cermin. Hal ini akan membuat kalian menjadi lancar ketika penyampaian presentasi langsung ketika sidang skripis nanti.

 

Baca juga: Ingin Skripsi Cepat Kelar, Ikuti Tips Ini Dijamin Beres!

 

4. Dokumen Pendukung: Siapkan semua dokumen yang mungkin dibutuhkan ketika sidang skripsi, seperti hard copy skripsi, referensi, dan data pendukung. Kalian dapat membawa referensi buku yang kalian gunakan dalam penyusunan skripsi ke dalam ruang sidang untuk jaga-jaga bila nanti dosen penguji meminta kalian untuk memperlihatkan sumber yang kalian gunakan.

5. Pertanyaan dan Jawaban: Persiapkan diri untuk menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan oleh penguji. Coba pikirkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dan siapkan jawabannya.

6. Penampilan dan Sikap: Kenakan pakaian yang rapi dan sopan. Tunjukkan sikap percaya diri, tetapi tetap rendah hati dan terbuka terhadap kritik. Biasanya sebelum sidang akan diberikan pengumuman mengenai pakaian apa yang harus digunakan. Selain itu, ketika menyapa dan menjawab pertanyaan dari para dosen penguji jangan lupa untuk tersenyum.

7. Peralatan Teknis: Pastikan semua peralatan teknis seperti laptop, pointer, dan proyektor berfungsi dengan baik. Bawa cadangan seperti flash drive yang berisi presentasi dan file skripsi.

8. Istirahat dan Kesehatan: Pastikan kamu cukup istirahat sebelum hari sidang dan dalam kondisi kesehatan yang baik. Jaga pola makan dan pola istirahat supaya ketika waktu sidang nanti badan tidak akan drop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: