Kenalan Lebih Akrab Sama Lalat Rumah, Berikut Cara Efektif Membasminya

Kenalan Lebih Akrab Sama Lalat Rumah, Berikut Cara Efektif Membasminya

Lalat Rumah --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-Lalat adalah serangga yang dapat menjadi pembawa virus dan bakteri berbahaya bagi Kesehatan manusia. Hal ini dapat terjadi karena Lalat punya kebiasaan bertelur dan membuang udara besar di berbagai tempat yang mereka jadikan sebagai Lokasi untuk hinggap. 

Dalam beberapa kondisi lalat menimbulkan berbagai jenis penyakit, seperti keracunan makanan, infeksi bakteri E.coli, disentri, kolera, demam tifoid, TBC, dan berbagai jenis alerge, dengan cara mencemari makanan dan udara.

Membawa dampak buruk bagi Kesehatan, Untuk mengatasi masalah lalat banyak orang memilih menggunakan semprotan pestisida atau formula kimia untuk sekedar mengusir atau membunuh lalat. Namun, penggunaan pestisida yang terlalu kuat juga dapat menimbulkan risiko bagi keselamatan rumah dan kesehatan keluarga. 

Mengenal Lebih Jauh Dengan Lalat Rumah


Bahaya Lalat--

Lalat rumah (Musca domestica) adalah serangga yang tergolong dalam jenis subordo Cyclorrhapha. Lalat ini muncul dan besar di Timur Tengah, dan telah menyebar ke seluruh dunia dan kini hidup berdampingan dengan manusia. Seperrti Namanya, Lalat rumah adalah jenis lalat yang paling sering ditemukan di dalam rumah. 

BACA JUGA:5 Trick yang Digunakan Pemilik Rumah Makan Untuk Mengusir Lalat, Pake Kantung Air

Lalat Rumah dewasa punya warna tubuh abu-abu hingga hitam dengan empat garis gelap di bagian atas, sedikit berbulu, serta sepasang sayap transparan. Pada betina, mata berwarna merah terpisah lebih jauh dan ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan jantan. Sedangkan Lalat Rumah betina biasanya kawin sekali dan menyimpan sperma untuk digunakan di masa depan.

Betina lalat rumah dapat bertelur hingga 100 butir pada bahan organik yang membusuk seperti sisa makanan, bangkai, atau kotoran. Telur tersebut akan menetas menjadi larva putih tanpa kaki yang dikenal sebagai belatung. Dalam waktu 2 hingga 5 hari, belatung akan berubah menjadi pupa berwarna coklat kemerahan dengan panjang sekitar 8 mm.

Lalat rumah dapat membawa patogen pada tubuhnya, mencemari makanan, serta berperan dalam penyebaran penyakit melalui makanan. Dalam jumlah besar, lalat rumah dapat menyebabkan gangguan fisik, menjadikannya sebagai hama yang menggangu aktivitas manusia. 

BACA JUGA:Tips and Trick Mengusir Lalat Dari Dalam Rumah Cuma Pakai Tanaman

Cara Mengusir Lalat Dengan Menjaga Kebersihan Rumah 

Umumnya Lalat tertarik pada beberapa jenis sampah seperti buah, dan makanan, sehingga menjaga kebersihan rumah merupakan langkah penting untuk menghindari kehadiran lalat dan mencegah penyebaran infeksi. Berikut ini adalah beberapa metode alami yang dapat diterapkan di rumah untuk mengusir lalat di siang hari:

1. Lalat datang Akibat Genangan Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: