Pernah Makan Bakso Tetapi Keras saat Dimakan? Ternyata Ini 4 Faktor Penyebabnya

Pernah Makan Bakso Tetapi Keras saat Dimakan? Ternyata Ini 4 Faktor Penyebabnya

Faktor bakso bisa keras--picture by hai.grid.id

Orang-orang menyukai makanan bakso karena beberapa alasan. Pertama, bakso memiliki cita rasa yang sangat enak dan khas sehingga banyak disukai, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Selain itu, bakso juga mudah dijumpai dan dapat didapat dengan harga yang terjangkau. Selain rasa yang lezat, tekstur bakso yang kenyal juga menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Bakso juga dapat disantap dengan berbagai tambahan seperti mie, bihun, tahu, dan sayuran, sehingga memberikan variasi dalam menikmati hidangan bakso.

Selain itu, bakso juga memiliki fleksibilitas dalam modifikasi rasa dengan tambahan kecap, saus, dan cuka, sehingga setiap orang dapat menyesuaikan rasa bakso sesuai dengan preferensi masing-masing.

BACA JUGA:5 Rahasia Strategi Pemasaran Bisnis Es Teh di Tengah Persaingan Pedagang dan Cara agar Konsisten

Dengan berbagai alasan tersebut, tidak mengherankan bahwa bakso menjadi salah satu makanan favorit yang diminati oleh banyak orang.

Namun, kita sebagai pembeli juga kadang merasa kecewa dengan olahan bakso yang disajikan pedagang kurang enak karena tekstur baksonya yang keras. 

Tekstur bakso yang kenyal dan terasa dagingnya justru membuat kita suka makan bakso. Akan tetapi, jika bakso tersebut keras, bagaimana bisa kita menikmatinya?

Ternyata, ada beberapa faktor atau penyebab mengapa bakso bisa keras saat dimakan lho. Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini. 

BACA JUGA:Ternyata Ini Resep Membuat Bakso Mercon Paling Sedap yang Harus Kamu Coba

Faktor-faktor yang Membuat Bakso Menjadi Keras

  • Penggunaan Telur yang Berlebihan

Penggunaan telur yang terlalu banyak dalam adonan bakso dapat membuat teksturnya menjadi keras. Disarankan untuk memerhatikan takarannya, dimana adonan bakso sekitar 900 gram umumnya membutuhkan satu sampai dua telur saja.

  • Penggunaan Tepung yang Tidak Tepat

Beberapa jenis tepung seperti tepung sagu, tepung sagu aren, atau tepung tapioka dapat digunakan untuk membuat bakso kenyal. Namun, penggunaan tepung yang tidak tepat atau proporsional dapat membuat bakso menjadi keras.

  • Pengadukan yang Berlebihan

Pengadukan adonan bakso secara berlebihan juga dapat membuat bakso menjadi keras. Penting untuk mencampur atau uleni adonan dengan tangan atau alat hingga semua tercampur sempurna, tanpa melakukan pengadukan berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: