57 Kelompok Tani di Karawang Dapat Bantuan Mesin Pompa Air dari Kementerian Pertanian

 57 Kelompok Tani di Karawang Dapat Bantuan Mesin Pompa Air dari Kementerian Pertanian

57 Kelompok Tani di Karawang Dapat Bantuan Mesin Pompa Air dari Kementerian Pertanian--

KARAWANG – Sebanyak 57 kelompok tani (poktan) di Kabupaten Karawang menerima bantuan mesin pompa air dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia. Penyerahan bantuan ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, pada Rabu, 8 Mei 2024, di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang.

 

Acara ini juga dihadiri oleh Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf Dede Hermawan, Plt Asisten Pemerintah dan Kesra, Eka Sanatha, serta Kepala DPKP Karawang, Rohman. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa bantuan ini diberikan kepada kelompok tani yang berada di wilayah yang sulit mendapatkan suplai air. "Pompa yang diberikan bervariasi dari 3 inci hingga 6 inci. Bantuan langsung dari kementerian ini diharapkan dapat mengurangi dampak kekeringan saat puncak musim kemarau tiba," ujar Aep Syaepuloh.

 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang, Rohman, menjelaskan bahwa bantuan ini berasal langsung dari Kementerian Pertanian. Bantuan tersebut terdiri dari 20 unit pompa berukuran 3 inci, 7 unit pompa berukuran 4 inci, dan 10 unit pompa berukuran 6 inci. Selain itu, 20 kelompok tani menerima bantuan berupa uang sebesar Rp 120 juta per poktan, yang juga berasal dari Kementerian Pertanian. Bantuan uang ini dimaksudkan untuk membangun rumah pompa air, bak penampung, dan saluran pipanisasi.

 

Rohman menegaskan bahwa pihaknya akan memantau langsung kelompok tani yang menerima bantuan uang untuk memastikan penyalurannya tepat sasaran dan tepat guna. "Tentunya, kami akan pantau langsung agar bantuannya tepat sasaran dan tepat guna," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: