KKN UBP Desa Citarik Ajari Warga Buat Spray Anti Nyamuk Dari Serai, Begini Hasilnya...

KKN UBP Desa Citarik Ajari Warga Buat Spray Anti Nyamuk Dari Serai, Begini Hasilnya...

Mahasiswa KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Citarik, Kecamatan Tirtamulya, Karawang dengan kegiatan sosialisasi pembuatan spray obat nyamuk dari serai.--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Mahasiswa KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Citarik, Kecamatan Tirtamulya, Karawang dengan kegiatan sosialisasi pembuatan spray obat nyamuk dari serai. Tujuannya, untuk meminimalisir bahaya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah tersebut. 

Sekretaris KKN UBP Desa Citarik, Silvia Ismayanti mengungkapkan, serai atau Cymbopogon citratus sudah teruji efektif sebagai pengusir nyamuk berkat kandungan senyawa citronella, geraniol, dan citronellol. 

Aroma khas serai mengganggu indera penciuman nyamuk, sehingga mereka kesulitan menemukan manusia untuk digigit. Selain itu, mahasiswa KKN UBP juga mengedukasi warga untuk menjaga kebersihan lingkungan. 

"Penumpukan sampah dapat menyebabkan perkembangbiakan nyamuk, terutama spesies Aedes aegypti yang menjadi vektor penyakit seperti Demam Berdarah Dengue," ujar Silvia, Rabu, (31/7). 

BACA JUGA:Hal Menarik dari Imagine Breaker Milik Touma di Anime Toaru Majutsu no Index

Silvia mengatakan, melalui sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat terhadap pentingnya kesehatan. Diharapkan pula pembuatan spray anti nyamuk dari serai ini bisa membantu para warga masyarakat desa Citarik terhindar dari berbagai penyakit.

"Dengan adanya kegiatan eksperimen ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit seperti DBD," harapnya. 

Sementara itu, salah satu peserta sosialisasi pembuatan spray anti nyamuk Ibu Cucu mengaku bahwa sosialisasi ini sangat bermanfaat untuk masyarakat. 

Menurutnya, penjelasan tentang membuat spray anti nyamuk disampaikan dengan cara yang mudah dipahami, sehingga para warga lebih mengerti manfaat dan khasiat dari pembuatan spray anti nyamuk tersebut.

BACA JUGA:Viral Angkot di Cikarang Getok Tarif ke Penumpang Sebesar Rp 25 Ribu, Pemkab Bekasi Bertindak

"Produknya bagus karena dengan harga yang murah bisa membuat obat nyamuk dari bahan alam," ujar Cucu yang juga Anggota PKK Desa Citarik. (*)

Info lebih lanjut silahkan klik link berikut kkn.ubpkarawang.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: