Karawang Kukuhkan 140 Guru Penggerak Angkatan 9

Karawang Kukuhkan 140 Guru Penggerak Angkatan 9

Kabupaten Karawang resmi memiliki 140 Guru Penggerak baru, menyusul digelarnya Pengukuhan Guru Penggerak Angkatan 9 di Hotel Grand Karawang Indah, Selasa (30/7).--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kabupaten Karawang resmi memiliki 140 Guru Penggerak baru, menyusul digelarnya Pengukuhan Guru Penggerak Angkatan 9 di Hotel Grand Karawang Indah, Selasa (30/7).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Cecep Mulyawan, didampingi Kabid GTK dan Kurikulum, Parno, dan Kabid Pendidikan Dasar, Yanto, mengatakan, dengan dikukuhkannya 140 guru, maka jumlah Guru Penggerak di Karawang terus bertambah.

Sebelumnya, jelas Cecep, Karawang telah memiliki 327 Guru Penggerak dari tiga angkatan. Rinciannya, 89 dari angkatan 3, 160 dari angkatan 6, dan 78 dari angkatan 8.

"Total saat ini terdapat 467 Guru Penggerak dari empat angkatan," ujar Cecep, di sela acara pengukuhan, kepada KBE, Selasa (30/7).

BACA JUGA:DPRD Monitoring Proyek RSUD Rengasdengklok, Minta PTPP Selesaikan Pembangunan Tepat Waktu

BACA JUGA:Berantas Rokok Ilegal, Satpol PP Karawang-Tim Gabungan Gerebek Toko-Toko di Kutawaluya dan Rengasdengklok

Cecep menjelaskan, jumlah Guru Penggerak di Karawang dipastikan akan terus bertambah. Pasalnya, saat ini terdapat 331 Calon Guru Penggerak (CGP) yang berasal dari angkatan 10 dan 11.

"Jika dijumlahkan maka saat ini Karawang memiliki total 798 orang dengan rincian 467 Guru Penggerak dan 331 Calon Guru Penggerak," ucapnya.

"Kami berharap seluruh Guru Penggerak dapat menjalankan peran dan tugasnya dengan maksimal. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan pembelajaran yang bermuara pada meningkatnya kualitas pendidikan di Karawang," harap Cecep.

Kasi GTK Disdikpora sekaligus Penanggung Jawab Guru Penggerak Kabupaten Karawang, Mulanya Surya Atmaja menambahkan, dari 798 guru yang terdaftar, Guru Penggerak yang pengelolaannya dilakukan oleh Pemda Karawang sebanyak 579 orang yang berasal dari jenjang PAUD, SD dan SMP. Sementara sisanya yang berasal dari jenjang SMA/SMK oleh Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:Rakernas SMSI Berlangsung Dinamis, Kongres Dipercepat, Firdaus Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum

BACA JUGA:Ditanya Kesiapan jadi Pendamping Aep Syaepuloh, H. Maslani : Tunggu Setelah Umroh

"Untuk jenjang PAUD terdapat 12 guru, SD sebanyak 366 guru, dan SMP terdiri dari 201 guru," sebut Musa, sapaan akrab Mulanya Surya Atmaja.

Lebih lanjut, Musa menyampaikan, Guru Penggerak memiliki peran dan tugas yakni mendorong komunitas belajar bagi rekan guru di sekolah dan lingkungannya, menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain untuk pengembangan pembelajaran di sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: