Ciri-ciri Kulit Sensitif, Salah Satunya Sering Mengalami Breakout!

Ciri-ciri Kulit Sensitif, Salah Satunya Sering Mengalami Breakout!

Ciri-ciri Kulit Sensitif-(Pixabay/Engin_Akyurt)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Mengetahui ciri-ciri kulit sensitif sangat penting karena dapat membantu dalam memilih produk perawatan yang tepat serta menghindari bahan-bahan yang dapat memicu iritasi atau alergi.

 

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, mulai dari normal, kering, berminyak, kombinasi, hingga sensitif. Kulit sensitif adalah salah satu jenis kulit yang memerlukan perhatian khusus karena mudah bereaksi terhadap faktor eksternal seperti produk perawatan kulit, perubahan cuaca, dan polusi.

 

Memahami jenis kulit sendiri, termasuk jika memiliki kulit sensitif, sangat penting. Hal ini membantu kita mengetahui produk yang tepat untuk perawatan sehingga kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik.

BACA JUGA:Viral, Bocah 9 Tahun Bawa Mobil Ugal-ugalan di Kemang Jaksel, Nyaris Dihajar Warga

 

Ciri-ciri Kulit Sensitif

 

Melansir studi di Journal of Dermatologic Science and Cosmetic Technology, kulit sensitif ditandai dengan kondisi hiper-reaktif pada kulit, terutama wajah. Tanda-tandanya antara lain muncul rasa terbakar, perih, dan gatal jika terkena penyebab iritasi baik internal maupun eksternal.

 

Berikut ini adalah ciri-ciri kulit sensitif yang perlu diketahui:

 

Muncul Kemerahan

 

Kemerahan adalah salah satu ciri-ciri kulit sensitif yang paling mudah dikenali. Kemerahan ini terjadi karena kulit sensitif memiliki lapisan pelindung yang lebih lemah, sehingga lebih rentan terhadap iritasi dan peradangan. Faktor-faktor seperti paparan sinar matahari, perubahan suhu, dan bahan kimia keras dalam produk perawatan kulit dapat memicu reaksi ini.

 

Mudah Terasa Gatal

 

Selain kemerahan, kulit sensitif juga mudah terasa gatal. Rasa gatal ini bisa muncul setelah adanya kemerahan, disertai rasa kering, dan kadang-kadang perih. Penyebab gatal ini serupa dengan kemerahan yang telah dijelaskan di atas, yaitu bahan kimia dalam produk perawatan yang tidak cocok, cuaca ekstrem, atau polusi. Ketika kulit terpapar oleh faktor-faktor ini, saraf di kulit dapat menjadi lebih aktif dan merespons dengan rasa gatal.

BACA JUGA:5+ Rekomendasi Drama Korea yang Tayang di Bulan Agustus, Mulai dari Romance hingga Action!

 

Kulit Terasa Kering

 

Kulit terasa kering adalah salah satu tanda umum dari kulit sensitif. Karena lapisan pelindung pada kulit sensitif cenderung lebih tipis, kulit mudah kehilangan kelembapan alami.

 

Kekeringan ini terjadi karena kulit kehilangan kadar air yang cukup, menyebabkan permukaan kulit menjadi kasar, mengelupas, dan terasa tidak nyaman. Faktor-faktor seperti cuaca dingin, udara kering, dan penggunaan sabun cuci muka yang keras dapat memperparah kekeringan pada kulit sensitif.

 

Kulit yang kering juga lebih rentan terhadap iritasi dan kerusakan, sehingga penting untuk menjaga kelembapan dengan menggunakan produk yang menghidrasi dan sesuai untuk kulit sensitif. Menggunakan pelembap secara teratur dan menghindari produk yang mengandung bahan kimia keras dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: