Diumumkan Hari Ini, Begini Cara Mengecek Formasi CPNS 2024

Diumumkan Hari Ini, Begini Cara Mengecek Formasi CPNS 2024

Cara Mengecek Formasi CPNS 2024-(Foto/menpan.go.id)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pendaftaran Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 resmi dibuka besok, sehingga informasi mengenai pelaksanaannya menjadi sangat penting bagi masyarakat.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), rekrutmen CPNS 2024 akan berlangsung dari 20 Agustus hingga 6 September 2024. MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa rekrutmen ini merupakan peluang besar bagi putra dan putri terbaik Indonesia.

Jika kamu tertarik untuk mengikuti seleksi CPNS 2024, kamu perlu mempersiapkan dan mencari tahu informasi mengenai beberapa hal, salah satunya formasi CPNS 2024.

Setiap instansi mungkin menawarkan formasi yang berbeda-beda, sehingga penting bagi calon peserta untuk mengetahui formasi yang tersedia, terutama karena hal ini terkait langsung dengan Seleksi Administrasi, yang merupakan tahap awal dari rekrutmen ini.

Yuk cari tahu cara mengecek formasi CPNS 2024 berikut ini!

BACA JUGA:Cek Sekarang Juga! Syarat Lengkap Seleksi CPNS 2024 untuk Formasi Kebutuhan Khusus

Link Portal SSCASN CPNS 2024

Sebelum mengetahui cara mengecek formasi CPNS 2024, kamu juga perlu tahu link protal untuk mendaftar CPNS 2024.

Semua proses pendaftaran CPNS 2024 akan dilakukan secara digital melalui portal SSCASN. Oleh karena itu, calon pelamar harus memahami cara menggunakan portal ini dan rutin memeriksanya. Berikut link portal SSCASN untuk pendaftaran CPNS 2024: sscasn.bkn.id

Berdasarkan informasi dari laman resmi KemenPAN-RB, MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas telah mengumumkan rincian formasi CPNS 2024. Dalam rekrutmen ini, formasi CPNS 2024 terbuka untuk kebutuhan umum serta kebutuhan khusus. Kebutuhan khusus ini mencakup penyandang disabilitas, lulusan cumlaude, putra-putri asal Papua, putra-putri asal Kalimantan, hingga mereka yang telah mengabdi di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

Selain itu, formasi CPNS 2024 juga terbuka bagi para lulusan baru atau fresh graduate. MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas juga menyatakan bahwa selain CPNS, pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 juga akan dibuka untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun, proses seleksi akan dilaksanakan secara bertahap.

BACA JUGA:Kang Dedi Mulyadi: Kota Bandung Etalase Keberadaban Masyarakat Jawa Barat

Cara Mengecek Formasi CPNS 2024

Dengan pendaftaran seleksi yang dimulai pada Selasa, 20 Agustus 2024, calon pelamar perlu memperhatikan formasi yang tersedia dengan seksama. Menurut 'Mekanisme Pelaksanaan Seleksi Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2024' yang disampaikan oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen, calon pelamar bisa mendapatkan informasi penting mengenai formasi CPNS 2024 melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Data yang bisa diakses meliputi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: