Jangan Salah Pilih, Ini Tips Cara Memilih Pasangan yang Baik Sebelum Menikah

Jangan Salah Pilih, Ini Tips Cara Memilih Pasangan yang Baik Sebelum Menikah

Jangan Salah Pilih, Ini Tips Cara Memilih Pasangan yang Baik Sebelum Menikah--Foto by Fakta.id

Memilih calon pasangan sebelum menikah adalah keputusan besar yang mempengaruhi kehidupan untuk jangka panjang. Bukan hanya pasangan yang cocok dalam visi misi, namun juga harus mencari pasangan yang kedewasaan dan kecerdasan dalam berkomunikasi. Kedewasaan seseorang bukanlah dilihat dari umurnya, namun kedewasaan seseorang dapat dilihat dari bagaimana dia dapat menyelesaikam suatu masalah dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu kamu dalam memilih pasangan yang tepat:

 

Tips Memilih Pasangan 

1. Kenali Diri Sendiri Terlebih Dahulu

- Pahami Kebutuhan dan Nilai Pribadi: Sebelum memutuskan untuk memulai hidup baru dengan orang lain, alangkah baiknya untuk kamu mengenal dirimu sendiri. Ketahui apa yang benar-benar penting bagimu dalam hidup, seperti nilai-nilai, apa yang ingin kamu capai suatu saat nanti, keyakinan, dan tujuan hidup. Ini akan membantumu menemukan seseorang yang sejalan dengan prinsip yang kamu jalani.

- Identifikasi Kelebihan dan Kekurangan: Mengetahui kekuatan dan kelemahan masing-masing akan membantu dalam mencari pasangan yang bisa saling melengkapi nantinya. Oleh karena itu, perlu adanya proses saling mengenal antara satu dengan lainnya supaya ketika menikah nanti tidak akan terlalu kaget dengan kebiasaan masing-masing. Sehingga percekcokan karena kebiasaan-kebiasaan yang baru terlihat tidak akan terlalu menjadi masalah.

2. Nilai Keselarasan Nilai dan Prinsip

- Kesamaan Nilai: Pastikan calon pasangan memiliki nilai dan prinsip hidup yang sejalan, seperti dalam hal agama, moral, keluarga, dan pekerjaan. Mintalah jodoh atau pasangan yang sekufu dengan kalian. Hal tersebut akan membuat kalian menjadi merasa senang dan bahagia ketika menjalani pernikahan nantinya.

- Kompatibilitas Tujuan Hidup: Diskusikan rencana masa depan, seperti keinginan memiliki anak, karir, dan tempat tinggal. Kompatibilitas dalam hal-hal ini sangat penting.

3. Amati Karakter dan Kepribadian

- Kejujuran dan Integritas: Carilah seseorang yang jujur dan memiliki integritas tinggi. Kejujuran adalah dasar dari kepercayaan dalam hubungan. Cari tahulah terlwbih dahulu bagaimana pasangan kalian, baik dalam pengelolaan emosi maupun penyelesaian sikap ketika menghadapi suatu permasalahan. 

- Emosi dan Cara Mengatasi Konflik: Perhatikan bagaimana calon pasangan mengelola emosinya dan menyelesaikan konflik. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan menangani perbedaan adalah kunci dalam pernikahan.

- Empati dan Dukungan: Pasangan yang baik adalah mereka yang bisa menunjukkan empati dan dukungan emosional dalam situasi sulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: