Jangan Paksa Anak, Inilah Tips Memilih Ekstrakurikuler di SD sesuai Potensi

Jangan Paksa Anak, Inilah Tips Memilih Ekstrakurikuler di SD sesuai Potensi

Tips memilih ekstrakurikuler SD--Picture by e-ujian.id

Setiap Sekolah Dasar (SD) pasti memiliki ekstrakurikuler untuk mewadahi minat dan bakat siswa di bidang tertentu. Mulai dari bidang akademik, olahraga, atau seni. 

Melalui kegian eskul ini siswa akan belajar lebih dalam lagi mengenai potensi dirinya yang tidak bisa didapat saat proses pembelajaran di kelas. 

Misalnya, seorang anak perempuan yang memiliki kemampuan dalam hal menari atau menari, ia akan dilatih lebih dalam lagi. 

Peran orang tua dalam pemilihan eskul juga sangat penting lho. Kita sebagai orang tua seharusnya tidak memaksakan keinginan anak untuk mengembangkan potensinya. 

Jika kita ingin anak ahli dalam bidang pengetahuan, lalu memaksanya masuk eskul sains, justru hal ini tidak direkomendasikan. Hal ini akan berpengaruh pada anak yang merasa terbebani dan tidak enjoy. 

Untuk itu, yuk simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui beberapa tips memilih ekstrakurikuler di SD agar sesuai keterampilan yang anak inginkan. 

BACA JUGA:Ternyata Ini 10 Jenis Pungli di Sekolah dan Cara Melaporkannya, Siswa Jangan Takut

Tips Memilih Ekstrakurikuler untuk Anak SD

Memilih ekstrakurikuler yang tepat untuk anak SD sangat penting untuk mendukung perkembangan minat dan bakat mereka. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu orang tua dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai:

1. Sesuaikan dengan Minat Anak

Penting untuk mengetahui apa yang disukai anak. Tanyakan kepada mereka tentang kegiatan yang ingin diikuti. Jika anak memiliki minat yang kuat dalam suatu bidang, mereka akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk berpartisipasi.

2. Pertimbangkan Keseimbangan Biaya

Orangtua perlu bijak dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler, terutama yang berkaitan dengan anggaran keluarga. Pastikan bahwa biaya yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat yang diperoleh anak.

BACA JUGA:Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Terhadap Siswa Sekolah Dasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: