9 Artis Kpop Yang Tersandung Kasus Burning Sun, Ada Yang Sudah Bebas Loh!

9 Artis Kpop Yang Tersandung Kasus Burning Sun, Ada Yang Sudah Bebas Loh!

Burning sun --

KARAWANG-BEKASI.DISWAY.ID Sempat viral dimasanya, siapa yang tidak mengenal dengan kasus Skandal Burning Sun, yang sempat mengguncang satu dunia beberapa tahun lalu. Bahkan skandal ini  kembali menjadi sorotan setelah BBC merilis film dokumenter tentang kasus ini pada bulan Mei 2024.

Seperti yang kita tau, Burning Sun merupakan salah satu skandal terbesar di Korea Selatan yang melibatkan banyak artis yang telah lama berkarir di industri hiburan korea. Dimana terdapat sejumlah artis dalam grup percakapan di aplikasi KakaoTalk, di mana mereka sering berbagi foto dan video perempuan yang diambil secara diam-diam, yang dikenal sebagai molka.

Film Dokumenter BBC Atas Skandal Burning Sun

Dari grup percakapan tersebut, terungkap banyak bukti terkait skandal seks dan hiburan yang melibatkan sejumlah selebritas terkenal Korea Selatan. Bukti-bukti ini termasuk foto dan video vulgar yang menunjukkan perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual. Kyung Yoon kemudian melaporkan berita ini ke media nasional, yang memicu para korban untuk berbagi pengalaman mereka. Skandal ini segera menjadi pembicaraan utama, tidak hanya di Korea Selatan tetapi juga di berbagai negara Asia lainnya.

Cerita ini bermula saat didapati laporan seorang wanita yang merupakan kekasih penyanyi terkenal Korea, Jung Joon Young. Wanita tersebut mengaku menjadi korban molka yang dilakukan oleh Jung, yang tertangkap merekamnya tanpa izin.

BACA JUGA:Tips Menghadapi Perselingkuhan dalam Rumah Tangga, Jangan Hanya Diam!

Kasus molka yang melibatkan Jung pada tahun 2016 membuka jalan bagi pengungkapan skandal yang lebih besar dan kompleks, yaitu Burning Sun, yang menjadi fokus utama dokumenter BBC. Berdasarkan kasus molka Jung, jurnalis Park Hyo Sil dan Kang Kyung Yoon menyelidiki isi percakapan dalam grup KakaoTalk yang diperoleh dari ponsel Jung.

Setelah proses hukum yang panjang, pelaku, termasuk beberapa artis yang terbukti bersalah, akhirnya dijatuhi hukuman. Berikut adalah daftar artis yang terlibat dalam skandal Burning Sun:

 

1.    1. Seungri
Seungri, mantan anggota Big Bang, dikenal sebagai pemimpin dan otak dari operasi ilegal ini. Dengan memanfaatkan jaringan dan kekuasaannya, Seungri mengatur berbagai aktivitas ilegal di klub malam Burning Sun, termasuk prostitusi dan penggunaan narkoba. Awalnya, Seungri dijatuhi hukuman tiga tahun penjara atas sembilan dakwaan, namun ia dibebaskan pada 9 Februari 2023 setelah menjalani 18 bulan hukuman.

2.    2. Choi Jong Hoon
Mantan anggota F.T. Island ini terlibat dalam dua kasus pemerkosaan berkelompok. Choi juga terbukti mengejek korban perempuan dalam video dan menyebarkan video cabul. Selain itu, Choi terbukti menyuap polisi untuk menutupi kejahatannya.

      BACA JUGA:Lirik Lagu Gala Bunga Matahari Sal Priadi, Punya Makna Mendalam

       Ia dijatuhi hukuman lima tahun penjara, tetapi masa hukumannya dikurangi menjadi dua tahun enam bulan setelah mencapai kesepakatan dengan korban. Choi telah bebas dari penjara pada November 2021.

3.     3. Jung Joon Young
Jung Joon Young merupakan tangan kanan Seungri yang sangat aktif dalam grup percakapan. Selain melakukan molka terhadap pacarnya, Jung juga terbukti menyebarkan 11 video perempuan yang direkam tanpa izin.

      Ia awalnya dijatuhi hukuman enam tahun penjara untuk kasus pelecehan seksual serta perekaman dan distribusi video ilegal, tetapi hukumannya dikurangi menjadi lima tahun setelah ia menyerahkan dokumen penyesalan. Jung telah bebas dari penjara sejak 19 Maret 2024.

4.    4. Yong Jun Hyung (mantan anggota Highlight)
Awalnya, Yong Jun Hyung, mantan anggota Highlight, menyangkal keterlibatannya dalam skandal ini. Namun, setelah bukti dari grup percakapan terungkap, ia mengubah pernyataannya. Jun Hyung mengakui bahwa ia memang tergabung dalam grup tersebut, tetapi menegaskan bahwa ia tidak pernah merekam apa pun dan hanya berperan sebagai pengamat.

5.    5. Kangin
Nama Kangin, mantan anggota Super Junior, sempat muncul dalam daftar pelaku yang dicurigai oleh polisi. Ia membantah keterlibatannya dan menjelaskan bahwa keikutsertaannya dalam grup terjadi sebelum kejahatan dilakukan.

6.    6. Jung Jinwoon
Keterlibatan Jung Jinwoon, anggota 2AM, dalam kasus ini mirip dengan Kangin, tetapi perannya kurang jelas.

      BACA JUGA:Ingat! 10 Jenis Buah Yang Ternyata Gak Boleh Masuk Kulkas, Melon Salah Satunya

7.    7. Roy Kim
Meskipun Roy Kim membantah terlibat dalam skandal utama, ia mengakui pernah mengirim foto cabul ke grup pada tahun 2016. Ia menjelaskan bahwa foto tersebut diperolehnya dari internet dan telah dimanipulasi.

8.    8. Eddy Kim
Penyanyi Eddy Kim mengklaim tidak terlibat dalam skandal Burning Sun, meskipun ia mengakui pernah membagikan foto-foto cabul yang diperolehnya dari internet.

9.    9. Lee Jong Hyun
Tidak ada bukti bahwa Lee Jong Hyun, mantan anggota CNBLUE, terlibat dalam pembuatan video ilegal. Namun, ia diketahui sebagai pengamat dalam grup tersebut dan sering memberikan komentar yang bersifat seksual dan merendahkan wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: