Ada Timun dan Kemangi, 8 Jenis Sayur Yang Ternyata Gak Boleh Masuk Kulkas

Ada Timun dan Kemangi, 8 Jenis Sayur Yang Ternyata Gak Boleh Masuk Kulkas

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID Sayur sayuran dikenal lebih awet saat dimasukkan kedalam kulkas. Tapi apa semua jenis sayu aman masuk ke dalam kulkas?

 

Ada beberapa jenis sayur yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Oleh karena itu, Kamu perlu lebih berhati-hati dalam menyimpan sayuran agar masih bisa menikmati kesegaran dan vitaminnya.

 

Selama ini, kulkas dianggap sebagai alat yang dapat mencegah makanan cepat rusak jika tidak segera dikonsumsi. Kulkas juga sering digunakan untuk membuat beberapa jenis makanan lebih nikmat saat disajikan dalam keadaan dingin. Namun, menurut Julie Garden-Robinson, Ph.D., R.D., L.R.D.,

 

Seorang spesialis dalam bidang makanan dan nutrisi. Dirinya mengatakan jika suhu dingin di dalam kulkas ternyata bisa berdampak buruk pada beberapa jenis makanan sehat, termasuk buah-buahan.

BACA JUGA:Tak Usah Bingung, Ini 10 Ciri Pria yang Siap Diajak Untuk Menikah

 

Oleh karena itu, penting bagi Kamu untuk menyadari bahwa tidak semua sayur cocok disimpan di dalam kulkas. Nyatanya ada beberapa jenis sayur yang justru lebih baik disimpan pada suhu ruang agar kualitasnya tetap terjaga. Dengan cara ini bisa membantumu menjaga sayuran tetap segar dan lezat saat dikonsumsi.

 

Sayuran Yang Gak Boleh Masuk Kulkas

Selain buah-buahan, ada beberapa jenis makanan lain yang juga tidak disarankan untuk disimpan di dalam kulkas. Penasaran? Yuk, simak lebih lanjut!

 

1. Daun Kemangi

Seperti halnya tomat, daun kemangi juga menyukai suhu hangat. Menyimpan daun kemangi di dalam kulkas dapat mempercepat proses layunya. Cara terbaik untuk menyimpan daun kemangi adalah dengan menaruhnya di lemari dapur dan merawatnya seperti bunga yang baru dipetik.

 

Letakkan daun kemangi dalam wadah berisi air dan hindari sinar matahari langsung. Daun kemangi bisa digunakan hingga 5 hari jika disimpan dengan cara ini.

 

2. Kentang

Kentang termasuk makanan yang tidak sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Menyimpan kentang memang membutuhkan perhatian khusus. Letakkan kentang di tempat yang sejuk, gelap, dan kering, bukan di kulkas.

 

Penyimpanan kentang di kulkas dapat mengubah rasanya karena pati akan lebih cepat berubah menjadi gula. Selain itu, kentang juga bisa mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap pada beberapa bagian dalam beberapa hari.

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Olahraga Terfavorit di Karawang yang Ramai Dikunjungi Orang

3. Bawang Bombay

Menurut Save The Students, bawang bombay yang belum dipotong akan lebih baik jika disimpan di luar kulkas. Kelembapan dalam kulkas bisa menyebabkan bawang menjadi lembek dan berjamur.

 

Jadi, sebaiknya simpan bawang di tempat yang kering dan agak gelap, serta jauh dari sinar matahari langsung. Selain itu, simpan bawang jauh dari kentang, karena kedekatan dengan kentang dapat mempercepat kerusakan bawang.

 

Setelah memotong bawang bombay, sebaiknya simpan potongan bawang dalam kantong kedap udara di laci lemari es bersama sayuran lainnya. Bawang putih dan bawang merah memiliki metode penyimpanan yang sedikit berbeda.

 

4. Bawang Putih

Bawang putih sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk, kering, dan memiliki sirkulasi udara yang baik untuk menjaga kekuatan rasanya. Jika kepala bawang putih mulai rusak, sebaiknya gunakan dalam waktu 10 hari. Di sisi lain, daun bawang sebaiknya disimpan di dalam kulkas karena mengandung lebih banyak air dan memiliki umur simpan yang lebih pendek.

 

5. Labu

Penting untuk diketahui bahwa menyimpan labu di luar kulkas dapat membuatnya bertahan jauh lebih lama, bahkan hingga beberapa bulan. Namun, jika labu disimpan di dalam kulkas, ketahanannya hanya sekitar 5 hari saja.

 

6. Jamur

Faktanya, menyimpan jamur di dalam kulkas bisa membuatnya lebih cepat membusuk dan menguning. Selain itu, bakteri juga dapat muncul pada jamur karena kontak dengan suhu dingin di dalam kulkas.

 

Itulah beberapa penjelasan terkait buah dan sayuran yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Semoga informasi ini dapat membantu dalam menjaga buah dan sayur tetap segar dan sehat untuk dikonsumsi.

BACA JUGA:Tak Perlu Pakai Jet Pribadi, Berikut Maskapai dengan Pelayanan First Class Terbaik

7. Mentimun

Meskipun cara terbaik untuk menyimpan mentimun sering menjadi perdebatan, perlu diketahui bahwa menyimpan mentimun di dalam kulkas dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik berair dan mempercepat proses pembusukan. Oleh karena itu, mentimun sebaiknya disimpan pada suhu ruang saja.

 

8. Terong

Faktanya, terong bisa disimpan pada suhu ruang yang sejuk dan gelap, jauh dari paparan sinar matahari langsung. Ini dilakukan untuk melindungi terong dari kelembapan yang bisa mempengaruhi teksturnya.

 

Nah, itulah beberapa buah dan sayuran yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas, Kamu! Pastikan untuk menyimpan mereka dengan cara yang benar, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: