Ternyata Ini Urutan Mandi yang Benar agar Badan Bersih dan Kulit Nampak Sehat

Ternyata Ini Urutan Mandi yang Benar agar Badan Bersih dan Kulit Nampak Sehat

-(Unsplash/Francesca Tosolini)-

KARAWANGBEKASI,DISWAY.ID - Mandi adalah bagian penting dari rutinitas sehari-hari yang tidak hanya membersihkan tubuh dari kotoran, tetapi juga memberikan kesegaran dan kenyamanan. Namun, apakah kamu tahu bahwa cara dan urutan Mandi yang benar bisa memengaruhi kesehatan kulit dan rambutmu?

 

Mandi yang tidak dilakukan dengan benar dapat menyebabkan masalah kulit, seperti bruntusan dan jerawat, terutama di area wajah, punggung, dan kulit kepala. Oleh karena itu, memahami urutan mandi yang benar sangat penting untuk memastikan tubuhmu tidak hanya bersih, tetapi juga tetap segar sepanjang hari.

BACA JUGA:12 Tips Merawat Rambut Supaya Terlihat Berkilau

 

Urutan Mandi yang Tepat

 

Mandi dengan urutan yang benar tidak hanya membantu menghilangkan kotoran dan minyak dari tubuh, tetapi juga menjaga kesehatan kulit, rambut, dan mulut.

 

Tidak banyak yang menyadari bahwa urutan mandi yang salah bisa menimbulkan masalah kulit, seperti pori-pori tersumbat atau iritasi. Selain itu, penggunaan produk yang tepat dan penyesuaian suhu air juga penting untuk menjaga kelembapan alami kulit.

 

Agar masalah tersebut tidak terjadi, berikut adalah urutan mandi yang tepat:

 

Atur Suhu Air

 

Sebelum memulai mandi, pastikan kamu sudah menyesuaikan suhu air. Jika lebih nyaman dengan air dingin, tidak masalah. Namun, jika memilih air hangat, pastikan suhunya tidak terlalu panas untuk menghindari kulit terbakar. Pilihan yang paling aman adalah menggunakan air dengan suhu hangat. Selain itu, hindari mandi terlalu lama karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

BACA JUGA:Kenali Penyebab Bau Kaki, Bisa Jadi Karena Penyakit

 

Mulai dengan Keramas

 

Banyak orang terbiasa menggunakan sabun badan terlebih dahulu baru keramas, namun urutan ini bisa menyebabkan bruntusan dan jerawat di dahi serta punggung. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah dengan keramas dan gunakan sampo yang sesuai dengan kondisi kulit kepalamu. Misalnya, jika memiliki masalah ketombe, pilihlah sampo khusus ketombe yang mengandung ketoconazole. Saat keramas, gosok kulit kepala dengan lembut hingga ke ujung rambut untuk memastikan kebersihannya.

 

Gunakan Kondisioner

 

Setelah membilas rambut dan kulit kepala, aplikasikan kondisioner. Kondisioner berfungsi untuk membuat rambut lebih lembut, berkilau, dan tidak kusut. Gunakan kondisioner hanya pada batang rambut, bukan pada akarnya, lalu bilas hingga bersih.

 

Bersihkan Tubuh dengan Sabun

 

Setelah keramas, lanjutkan dengan membersihkan tubuh menggunakan sabun. Mulailah dari leher, punggung, tangan, selangkangan, hingga kaki. Jangan lupa untuk membersihkan area belakang telinga dan sela-sela jari tangan serta kaki. Pilih sabun yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kamu bisa menggunakan tangan atau waslap untuk menggosok tubuh, tetapi pastikan waslap yang digunakan bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: